Sab. Okt 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Terdampak Covid 19, Omset UMKM di TTU anjlok hingga 50 Persen

1 min read

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Dampak Dari Pandemik Covid 19 yang terjadi sejak Bulan Maret 2020 lulu, menyebabkan Pendapatan dari pelaku, Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM), di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, menurun drastis. Bahkan sebagian pelaku usaha terpaksa harus merumahkan sebagian karyawannya.

Seperti yang dialami oleh Theodorus Satban, pengrajin gerabah di desa Fatumuti, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengag Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT). Pria tua yang menggeluti usaha gerabah sejak tahun 1995 ini, mengakui semenjak pandemik covid terjadi omsetnya menurun hingga 50 persen, dengan kondisi itu iapun terpaksa merumahkan sebagian karyawannya.

“Sekarang omset menurun drastis. Sebelum pandemi pengahsilan bisa sampai Rp6 juta per bulan, tetapi sekarang paling tinggi 2 juta. Lanjutnnya, Sayapun terpaksa harus menguranggi karyawan karena tidak bisa gaji. Awalnnya karyawan saya 10 orang sekarang cuman 5 orang”. Namun demikian, Theodorus mengaku tidak pernah tersentuh bantuan. “Saya sudah pernah mengajukan, tapi sampai sekarang tidak dapat apa – apa,” .

Kendati tertatih, Theodorus dan para karyawannya terus berkreasi menghasilkan perabot rumah tangga seperti, Vas Bunga, Asbar Rokok, Guci, Celengan dan lainnya.
Uniknya, gerabah tersebut dipercantik dengan gambar – gambar motif daerah TTU. “Sehari kita bisa mengasilkan 20 asbak rokok. Ada juga guci, tergantung pesanan, Kita pakai motif daerah biar menarik tetapi ada ciri khasnya,” terang Theodorus.

Penjualan hasil produksi gerabahnya, lanjut Theodorus, masih sebatas wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia berharap pemerintah bisa memperhatikan usaha yang sedang digelutinya. “Selain bantuan modal usaha, kami berharap pemerintah bisa membantu pemasaran hasil produksi kami,” pintanya.

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi