Kam. Okt 21st, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

BWS Kupang Dorong Warga Manfaatkan Fasilitas Bendungan, Embung dan Sumur Bor untuk Pertanian dan Peternakan

3 min read

Kepala BWS Kupang, Agus Sosiawan (*)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,-Balai Wilayah Sunga (BWS) Nusantara Dua Kupang mendorog pemerintah dan masyarakat di NTT memanfaatkan sumber daya air dari berbagai fasilitas bendungan, embung dan sumur bor yang dibangun.

“Kita mendorong warga agar memanfaatkan semua fasilitas infrastruktur yang kita bangun di seluruh wilayah NTT. Waduk atau bendungan, embung dan semua sumur bor harus digunakan sebesar-besarnya untuk pertenian, perkebunan, peternakan, dan lain sebagainya,” pinta Kepala BWS Kupang, Agus Sosiawan kala ditemui media pekan lalu di ruang kerjanya.

Dikatakan Agus, ada begitu banyak usulan dari pemerintah dan masyarakat akan pembangunan waduk, embung-embung besar dan kecil, serta sumur bor kepada BWS-Kupang dalam setiap kegiatan BWS-NTT. Hal itu realistis dengan kebutuhan air yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat NTT.

Dari berbagai usulan itu, kata dia, ada begitu banyak fasilitas bendungan, embung dan sumur bor yang telah dibangun di daerah. Namun, sayangnya tingkat pemanfaatan berbagai fasilitas itu masih tergolong rendah.

“Semangat meminta pembangunan sarana bendungan, embung dan sumur bor sangat tinggi. Semangat itu, wajar-wajar saja karena memang masalah mendasar di NTT adalah air. Namun kita berharap semangat meminta pembangunan sarana-sarana itu harus dibarengi dengan semangat tinggi dalam memanfaatkan fasilitas yang dibangun untuk berbagai kebutuhan pertanian, peternakan dan perkebunan. Jangan sampai cuma semangat meminta saja yang tinggi lalu semangat memanfaatkan rendah. Tidak boleh dan jangan terjadi lagi faslitas yang kita bangun dibiarkan mubasir tidak dikelolah pemerintah dan dimanfaatkan masyarakatnya,” kata Agus.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Napun Gete di Maumere setelah Bendungan Raknamo dan Rotiklot di Belu. Presiden Jokowi melalui BWS Kupang dan Kementerian PUPR terus membangun lagi 4 buah bendungan, seperti bendungan Manikin, Bendungan Temev, Bendungan Kolhua dan Bendungan Nambo di Nagekeo.

Selain itu, dalam kunjungan ke Sumba Tengah meresmikan Kawasan Food State, Jokowi juga berjanji akan membangun 200 buah sumur bor untuk mendukung program tersebut. Bukan itu saja, Jokowi juga terus membangun embung di NTT untuk mendukung pertanian dan peternakan demi peningkatan ekonomi rakyat NTT.

Diberitakan sebelumnya, tahun 2021 ini, BWS Kupang juga sedang dan akan membangun puluhan embung. Embung-embung tersebut akan dibangun di Sumba Timur, Sumba Tengah, Timor Tengah Utara (TTU) dan Sabu Raijua.

“Embung yang kita tahun ini ada di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 2 buah, Sumba Tengah 6 buah dan di TTU ada 7 buah. Ini sudah siap dibangun tahun ini,” terang Kepala Balai WIlayah dan Sungai N(BWS) NTT, Agus Sosiawan, di ruang kerjanya, pekan lalu.

Semetara itu, untuk Kabupaten Sabu Raijua yang masuk kategori kabupaten yang krisis air, lanjut Sosiawan, ada 10 buah embung yang akan dibangun dimana saat ini sedang dalam tahap perencanaan dan survey.

“Di Sabu Raijua direncanakan 10 buah embung yang akan kita bangun. Saat ini ada 10 titik atau lokasi yang sedang disurvey. Dalam Konrek PUPR bebrapa waktu lalu telah diusulkan,” kata Sosiawan.

Di Sabu Raijua, lanjutnya, sudah ada embung besar Guriola dan beberapa buah embung kecil yang dibangun untuk mendukug kebutuhan air. Embung masih akan dibangun lagi agar kebutuhan air warga dapat secara berpalan terpenuhi.

Diharapkannya, masyarakat mendukung pembagunan embung dengan menyediakan lahan bagi pembangunan 10 embung tersebut. Pasalnya, masalah lahan masih menjadi kendala utama yang sering dihadapi BWS dalam pembangunan embung dan bendungan di NTT.

“Kita beharap perencanaan dan pembagunan dapat berjalan lancar karena mendapat dukungan dari warga setempat. Semoga saja ada dukungan penuh dari masyarakat, sehigga tidak ada masalah lahan yang menjadi hambatan,” terang Sosiawan. (KornelisMoaNita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi