Kam. Jan 28th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Genjot Produksi Garam, NTT Siap Penuhi Kebutuhan Garam Nasional

1 min read

Gubernur NTT, VIctor Bungtilu Laiskodat ketika memantau lahan garam di Kabupaten Kupang, belum lama ini. (Foto: Poskupang).

KUPANG, NTTBANGKIT.COM:  Pemerintah Provinsi NTT terus meningkatkan produksi garam untuk turut memenuhi kebuhan garam nasional. Pada tanggal 1 Agustus2019 mendatang, Presiden Joko Widodo dipastikan akan melakukan panen perdana garam di Kabupaten Kupang.

“Kita siap memasok garam untuk memenuhi kebutuhan garam nasional.  Pada 1 Agustus nanti Presiden Jokowi akan datang ke Kupang melakukan panen perdana garam di Kabupaten Kupang, “kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, kepada media belum lama ini di Kupang.

Dikatakan Victor, tahun 2019 ini di Kawasan Teluk Kupang  produksi garam mencapai 180.000 ton. Lahan garam ini akan dipanen perdana oleh Presiden Jokowi.

Pemerintah Provinsi NTT, lanjut Gubernur Viktor, telah memberikan hak pengguna lahan (HPL) kepada 3 perusahaan garam untuk menggenjot produksi garam di Teluk Kupang, Kabupaten Kupang.

Tiga investor tersebut, kata Gubernur Victor, yaitu PT Garam Indo Nasional (GIN), PT. Garam Persero, dan PT Timor Livestock Lestari (TLL).

Sementara itu,  Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, mengatakan, pemerintah optimistis swasembada garam bakal tercapai pada tahun 2021. Hal ini seiring bertambahnya produksi garam di NTT hingga 800.000 ton per tahun.

Luhut Pandjaitan, mengatakan, tambahan produksi dari NTT setelah pemerintah menuntaskan persolahan sengketa lahan garam di Teluk Kupang seluas 3.720 hektare. Langkah pemerintah mencabut hak guna usaha (HGU) milik PT Panggung Guna Ganda Semestea (PGGS) membuat lahan akan menjadi produktif.

“Soal tanah sudah selesai. Jadi itu dapat kira-kira bisa 800 ribu ton garam industri high quality,” kata luhut di kantornya, Jakarta, Kamis (18/7/2019), seperti dilansir detik.com. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi