Kam. Okt 21st, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gandeng Pengusaha Lokal, Pemprov NTT Siap Bangun Pabrik Pakan

2 min read

KUPANG, NTTBANGKIT.com — Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Rabu (25/11/2020) ketika menerima audiens dari Tim Penyusun Studi Kelayakan Pabrik Industri Pakan bersama Prof. Daniel Kameo di ruang kerjanya, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa pihaknya siap membangun pembangunan Pabrik Pakan Ternak.

Politisi partai Nasdem ini mengatakan bahwa selain dari bahan dasar jagung, marungga, proses pembuatan pakan ternak juga akan menggunakan limbah ikan yang nantinya akan diproses menjadi tepung ikan.

Sementara itu Ketua Tim Konsultan Studi Kelayakan Pembangunan Industri Pakan Ternak, Dr. Marten Mulik mengatakan bahwa dilihat secara garis besar berdasarkan data yang ada, maka skala prioritas 180 ribu ton per-tahun sudah cukup. 

Untuk kebutuhan bahan baku utama, terutama jagung 50 persen, sudah bisa memenuhi kebutuhan produksi 180 ribu ton tersebut. Dan yang dibutuhkan saat ini adalah tepung ikan untuk melengkapi unsur-unsur tersebut guna menghasilkan pakan ternak yang berkualitas baik. Namun ia juga mengarsis bahwa tidak masalah bila produksi dibawah 180 ton. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Laiskodat menuturkan bahwa, ketika persediaan bahan baku dan desain bisnisnya sudah siap, maka proses pembangunan pabrik akan segera dilakukan. 

“Begitu persediaan bahan bakunya sudah ada, rantai nilainya sudah ada, data hasil penelitiannya cukup, ukuran bisnisnya ada, berarti sudah bisa dibangun,” tutur Gubernur Laiskodat.

Gubernur juga menyampaikan bahwa pemerintah dalam hal ini akan menggandeng akademisi dan sektor swasta, dalam hal ini pengusaha lokal, untuk mengaktualisasikan grand desain ini.

“Kalau bisa pakai pengusaha- pengusaha setempat. Kita suport dia, supaya tingkat perekonomian di daerah itu meningkat,” tutur Laiskodat.

Selain untuk membangun pabrik pakan, Gubernur Laiskodat juga ingin memberdayakan para pengusaha lokal dalam ikhtiar untuk meningkatkan akselarasi perputaran ekonomi di provinsi berbasis kepulauan tersebut. (Emild Franz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi