Sel. Mar 31st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Reba di Taman Mini, Keluarga Besar Ngada Diaspora Jakarta Awali dengan Perayaan Ekaristi Inkulturasi

1 min read
Siprianus Bate Soro, tokoh muda Ngada Diaspora Jakarta saat menjadi MC sebelum perayaan Ekaristi Inkulturasi Reba Ngada 2020

NTTBANGKIT.com, JAKARTA — Keluarga besar Ngada Diaspora Jabodetabek hari ini melaksanakan acara Reba yang bertempat di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari ini, Sabtu (22/02/2020).

Acara Reba yang diinisiasi oleh Paguyuban Keluarga Besar Ngada Jakarta (PKBNJ) ini merupakan yang ke-7 kalinya dilaksanakan di TMII.

Acara dimulai dengan prosesi Kelo Ghar (proses pembukaan Reba, red) dan dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi Inkulturasi yang dipimpin oleh Romo Eduardus Dopo, SJ bersama dua Imam konselebran yaitu Romo John Podhi dan Romo Yongki, misionaris Prancis.

Dalam pengantarnya, Romo Edu mengatakan bahwa ini adalah Reba moku atau dalam bahasa keseharian disebut Reba sederhana, mengingat ada juga Reba meriah yang biasa diselenggarakan setahun sekali di daerah Ngada.

Reba yah kita selenggarakan pada hari ini adalah Reba Moku, atau Reba sederhana,” tutur Romo Edu.

Suasana Perayaan Ekaristi Inkulturasi dalam rangkaian acara Reba Ngada Diaspora Jakarta

Romo Edu dalam kotbahnya mengangkat tentang perjuangan bangsa Israel keluar dari Mesir, yang mana pada masa itu Tuhan memberi janji dan ujian. Tuhan berjanji untuk memberikan Israel tanah nenek moyang mereka Abraham, tanah Kanaan. Namun Tuhan juga memberikan ujian kepada mereka untuk melihat seberapa besar iman kepada-Nya.

Leluhur Ngada pun demikian. Mereka melakukan perjalanan jauh dari tempat yang gelap menuju cahaya atau ine Sina (ibu) yang terang.

Hingga pemberitaan diturunkan, perayaan Ekaristi dalam kegiatan Reba TMII masih berlangsung. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi