Sab. Jan 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

13 Tempat Wisata TTS Yang Wajib Dikunjungi

5 min read

Indahnya Cagar Alam Mutis (Sumber: beritagar.id)

TTS, NTT BANGKIT.COM – Nusa Tenggara Timur (NTT) memang salah satu surganya keindahan alam dengan potensi pariwisatanya yang sangat memukau. Tidak heran jika Pemerintah Provinsi NTT, di bawah kepemimpinan Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat tengah berjuang untuk menjadikan pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi NTT.

Di NTT bukan hanya pulau Komodo, Pantai Pasir Pink, Danau Tiga Warna, dan 17 Pulau di Riung yang masih memiliki alam yang asri. Salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata rekomendasi di NTT adalah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Berikut ini tempat wisata alam di TTS yang wajib dikunjungi wisatawan:

1. Bekas Tambang Marmer

Sumber: travelingyuk.com

Salah satu tempat dengan view yang indah dan sangat unik di TTS adalah bekas pertambangan marmernya. Di sini, para wisatawan bisa berfoto dengan latar hamparan batu marmer besar berbentuk dadu dan pemandangan alamnya yang sangat indah. Lokasinya terletak di Fatukolo, kecamatan Mollo Utara, kabupaten TTS. 

Di tempat ini juga anda akan menjumpai hutan yang lebat, padang rumput yang luas, bebatuan yang unik dan indahnya puncak gunung Mutis. Datanglah ke tempat ini, jika kamu ingin merasakannya secara langsung. Di tempat ini kamu juga akan menjumpai Benteng Dua Putri, yakni Fatu Nausus dan Fatu Taapan.

2. Air Terjun Oehala

Sumber: triptrus.com

Di Timor Tengah Selatan, ada juga tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yakni Air Terjun Oehala. Tempat ini terletak di Desa Oehala, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan-NTT.

Di Oehala kamu bisa menikmati keindahan air terjun tujuh tingkat dengan udarahnya yang sejuk. Di setiap tingkat air terjun ini kamu bisa berenang dan merasakan dinginnya air yang berasal dari gunung Mutis.

3. Air Terjun Tagepe

Sumber: sanameol.wordpress.com

Belakangan muncul satu objek wisata baru di kabupaten TTS bernama Air Tagepe. Tempat ini terletak di desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan – sekitar 10 km sebelah utara kota SoE dengan mengambil jalur jalan menuju Kapan.

Sumber: cvaristonkupang.co

‘Tagepe’ berasal dari Bahasa Melayu Kupang yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan ‘terjepit atau terhimpit’. Sehingga Air Tagepe artinya air yang terjepit atau terhimpit. Tempat ini dinamakan Air Tagepe karena aliran air mengalir melewati celah barisan tebing batu yang sangat sempit. Lebar kedua sisi tebing bervariasi mulai dari 1 meter hingga 3 meter. Beberapa bagian memiliki lebar hanya 1 meter dan bagian lain berlebar 3 meter.

4. Hutan Bunga Lavender 

Sumber: direview.id

Desa Noinbila di Kabupaten TTS tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata air terjun “tagepe”. Ada juga hamparan bunga lavender yang sangat indah seperti di Belanda. Tempat ini pun saat ini menjadi sebuah destinasi wisata baru di kalangan para wisatawan yang datang ke sana.

5. Hutan Ajaopenu

Sumber: idntimes.com

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah hamparan hutan Ajaopenu. Selain berada di dekat gunung Mollo yang adalah gunung tertinggi di pulau Timor, di sini juga terdapat sebuah jurang yang amat tinggi di mana kamu bisa menyaksikan keindahan alam ciptaan Yang Kuasa dari atasnya. Lokasinya terletak di desa Iusmolo, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

6. Taman Wisata Bu’at

Sumber: nttprov.go.id

Taman Wisata Bu’at adalah salah satu taman wisata keluarga yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dan rindang seperti Pohon Pinus, Mahoni dan Cendana.

Di tempat ini kamu juga bisa menjumpai beragam satwa seperti burung, monyet dan berbagai macam satwa lainnya. Tempat ini dilengkapi dengan villa, kolam renang dan permainan anak. Letak taman ini sekitar 4 km dari kota Soe.

7. Bukit Fatukopa

Sumber: youtube

Bukit atau gunung batu di desa Fatukopa ini sekilas terkihat seperti hamparan topi cowboy. Selain alamnya yang sangat asri, di sini para wisatwan juga bisa bersantai sembari menikmati secangkir teh atau kopi panas karena udara dinginnya hampir sama dengan udara dingin di Eropa.

8. Pantai Kolbano

Sumber: akurat.co

Pantai Kolbano merupakan salah satu tempat wisata terindah di Kabupaten TTS. Pantai ini berada sekitar 80 km dari Kota Soe. Tempatnya masih sangat asri dan alami. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dengan panorama keindahan alam yang menarik dan mempesona.

Salah satu keunikan pantai ini adalah bentangan kerikil beraneka warna yang menghiasi pantai dan bongkahan batu besar yang berbentuk mirip kepala Singa (Fatu Un) yang menjadi simbol pantai Kolbano. Ayo berkunjung ke TTS untuk menikmati keindahan Pantai Kolbano.

9. Pegunungan Fatunausus

Sumber: dawainusa.com

Di Kabupaten TTS, ada sebuah pegunungan yang sangat indah untuk anda kunjungi yakni Pegunungan Fatunausus. Di Fatunausus kamu akan menjumpai sebuah batu besar berbentuk candi yang merupakan tempat persembayangan bagi Masyarakat Suku Mollo yang berdomisili di seputar batu besar tersebut.

Tempat ini barada pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di ini, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa pegunungan dan lembah yang cantik. Udarah di tempat ini sangat sejuk dan suasananya sangat tenang.

10. Cagar Alam Gunung Mutis

Sumber: beritagar.id

Pernahkah kamu ke cagar alam Gunung Mutis? Jika pernah ke tempat ini, kamu pasti menemukan bentangan alam nan luas dan indah. Cagar alam ini berada pada ketinggian 2427 meter di atas permukaan laut. Tempat ini terletak di Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS.

Di tempat ini kamu bisa menikmati panorama hutan hijau yang luas dengan pepohonan dan berbagai macam satwa endemik seperti Rusa, Kuskus, Babi Hutan, Biawak, Ular Sanca, Ayam hutan, Punai Timor, Betet, Perkici dada kuning dan lain sebagainya. Datanglah ke Gunung Mutis jika kamu ingin menikmati keindahan alam yang menyenangkan.

11. Pantai Gurun Pasir Oetune

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Jika kamu ingin melakukan piknik keluraga, datanglah ke Pantai Oetune di Kabupaten TTS. Pantai yang indah ini menyajikan hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Di tempat ini kamu akan merasa sedang berada di tengah gurun. Pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar karena ombak di pantai ini mencapai ketinggian 4-7 meter. Kamu tertarik? Silahkan datang dan nikmati keindahan Pantai Oetune.

12. Benteng None

Sumber: flickr.com

Mengunjungi TTS, kamu tidak hanya disuguhi keindahan alam dan kekhasan budaya masyarakat setempat, tetapi juga warisan sejarah yang tak kalah menariknya. Di Kabupaten TTS, kamu akan menjumpai benteng bekas peninggalan Belanda yang dikenal dengan nama Benteng None.

Benteng ini terbuat dari batu alam dan sejenis tumbuhan berduri yang ditanam berjejer sepanjang sekitar 1 km. Di tempat ini kamu bisa melakukan selfie dengan latar belakang benteng yang membawa suasana masa lampau.

13. Perkampungan Adat None

Sumber: mytrip.co.id

Jika kamu ke TTS, di sana kamu akan menjumpai perkampungan Adat None. Perkampungan Adat None dihuni oleh marga Tauho. Kampung adat ini terdiri dari rumah-rumah adat orang Timor berupa Ume Kbubu (Rumah Bulat) dan lopo.

Menurut filosofi orang Timor, Rumah Adat Kbubu melambangkan wanita Timor yang santun, bersahaja, merendah dan tertutup auratnya. Sedangkan lopo melambangkan laki-laki Timor yang terbuka, kokoh dan sebagai tempat pertemuan keluarga. (Emild Kadju/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi