Ming. Nov 29th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Bukit Fatukopa Surganya Para Pencinta Alam

1 min read

Bukit Fatukopa di TTS (Sumber: youtube)

SO’E, NTTBANGKIT.COM (NBC) – Beberapa hari lalu, para penari NTT berhasil meraih penghargaan dalam ajang Parade Tari Nusantara ke-38 bertempat di Garuda Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, dengan kategori penata tari terbaik.

Konseptor tari NTT, Jemmy Neolaka mengatakan bahwa ia mengambil inspirasi dari legenda Fatukopa di Timor Tengah Selatan (TTS).

Fatukopa merupakan nama dari sebuah bukit batu kapur dengan hiasan vegetasi khas hutan tropis. Nama ‘Fatukopa’ sendiri berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal atau secara kepercayaan TTS diartikan sebagai kapal karam.

Bukit ini memang sangat unik karena kalau dilihat dari posisi tertentu, bentuknya menyerupai kapal.

Bukit Fatukopa yang berbentuk seperti kapal ini dipercaya oleh masyarakat di setempat, sebagai bahtera Nabi Nuh pada zaman dahulu yang karam usai digunakan sebagai tempat perlindungan umat pilihan Tuhan ketika air bah melanda bumi.

Bukit Fatukopa ini memang masih sangat alami dan asri dan jarang terjamah. Banyak yang menganggap bukit ini sebagai tempat keramat karena legenda yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Kendati demikian, fatukopa adalah salah satu rekomendasi terbaik bagi para pecinta alam.

Lokasinya berada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fatukopa sendiri berjarak 57 km arah Timur Kota So’e.

Bila sahabat NTT Bangkit ingin merasakan pemandangan alam yang indah bercampur suasaan mitis-magis dan legenda, fatukopa adalah pilihan terbaik. (Emild Kadju/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi