Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Tari Tebe, Tarian Masal Simbol Kegembiraan ‘Kembali dari Medan Perang’

1 min read

Tari Tebe yang ditarikan orang Belu sebagai simbol kegembiraan. (Foto: Pesona Travel)

NTTABANGKIT.COM,–Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah propinsi kepulauan yang memiliki berbagai seni budaya yang beranekaragam. Salah satunya adalah beragam tarian yang menjadi ciri khas daerah yang masing-masing memiliki simbol dan magna, seperti Tari Tebe dari Kabupaten Belu.

Tarian Tebe, seperti tikutip dari wisata.nttprov.go.id adalah sebuah tari yang menggambarkan luapan kegembiraan atas keberhasilan atau kemenangan. Dalam tarian ini para pria dan wanita bergandengan tangan sambil bernyanyi bersahut-sahutan melantunkan syair dan pantun yang berisikan puji-pujian. Dalam tarian ini juga ada kritikan atau permohonan, sambil menghentakan kaki sesuai irama lagunya.

Tari Tebe biasanya dilakukan pada malam hari. Pada zaman dahulu dilaksanakan para Meo ketika pulang dari medan perang membawa kepala musuh. Kepala musuh yang dipenggal tersebut, kemudian dipancangkan di tengah lalu mereka mengelilinginya semalam suntuk. Biasanya selama 3 atau 4 hari lamanya.

Sekarang, tarian ini dipentaskan pada acara gereja atau acara kegembiraan lainnya. Juga acara pendinginan rumah adat (rumah pemali) atau saat injak padi dan lain-lain.

Seiring perkembangan zaman, Tari Tebe kemudian dijadikan tarian masal dalam berbagai acara pesta, baik menyambut tamu, pesta nikah, pesta adat, dan lain sebagainya. Para musisi dari tana timor, kemudian menciptakan nyanyian khas Tari Tebe yang diiringi musik melalui soud sistem.

Saat ini, di Kupang maupuan di Jakarta, juga daerah lainnya Tari Tebe sering dilakonkan oleh sanggar-sanggar seni budaya Belu. Dalam pesta-pesta, bukan hanya orang Belu yang menarikan Tebe, tetapi warga NTT lainnya pun sudah mencintai tarian ini karena juga menjadi simbol persatuan dan persaudaraan.(korneliusmoanita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi