Sel. Nov 24th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Indeks Demokrasi Indonesia, NTT Tempati Urutan Ketiga Nasional

2 min read

Sekda NTT, Ben Polo Maing pose bersama Kepala Badan Kesbangpol NTT, Johanna E Lisapaly, Kepala BPS NTT, Maritje Pattiwaellapia dan pemateri serta peserta seminar IDI NTT di Aula BPS NTT, Selasa (27/8/2019) - (Sumber: https://kupang.tribunnews.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Sekda NTT, Ir. Ben Polo Maing pada Seminar Hasil IDI NTT Tahun 2018 di Aula BPS NTT pada Selasa (27/8/2019) mengatakan bahwa Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI) Provinsi NTT tahun 2018 menempati urutan tiga nasional dengan angka IDI mencapai 82,32 poin. Peringkat ini ditetapkan oleh BPS pusat.

“Jadi IDI NTT tahun 2018 ,oleh BPS Pusat menempatkan IDI NTT pada peringkat tiga nasional,” kata Polo Maing sebagaimana dilansir dari Pos Kupang.

Polo Maing juga mengatakan bahwa IDI NTT sejak tahun 2009 hingga tahun 2017 menunjukkan trend yang fluktuatif. Ada Naik ,ada turun dan terus ada pada kategori sedang. 

Kemudian pada tahun 2013, IDI NTT ada pada peringkat pertama angka 73 .29 poin dari standar nasional. Kemudian pada 2016 angka IDI NTT mencapai 82 ,dengan kategori baik dari standar nasional 70.09 poin dan menempatkan pada peringkat tiga. Sedangkan pada 2017 IDI NTT turun lagi ke peringkat 13.

IDI merupakan salah satu alat ukur pencapaian politik, yang dilihat dari tiga aspek, yakni kebebasan sipil, hak politik dan kelembagaan demokrasi yang selanjutnya dikolaborasi dalam 11 variabel dan 28 indikator.

“Terpeliharanya hak-hak politik warga negara secara adil dan bertanggungjawab serta adanya kelembagaan demokrasi yang bekerja dan berfungsi optimal,” kata Polo Maing dalam acara yang dipandu oleh Loucy Hermanus.

Seminar tersebut dihadiri oleh beberapa pembicara yakni Kepala Badan Kesbangpol NTT, Johanna E. Lisapaly, Kepala BPS NTT, Maritje Pattiwaellapia , Ahmad Atang,John Tuba Helan dan Yusuf Kuahaty,SU.

Sementara itu, Kepala Badan NTT, Victor Manek secara terpisah mengatakan bahwa prestasi ini merupakan hal yang harus ditingkatkan kedepannya. 

“Hal ini membuktikan bahwa NTT selain merupakan tempat dengan toleransi tinggi secara Nasional, patut diteladani dalam proses berdemokrasi Indonesia kedepannya.” tutur Manek. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi