Ming. Jul 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Paparkan Road Map MEN, Dirut Pastikan Bank NTT Akan Bantu Membangun Infrastruktur dan UMKM

2 min read

Direktur Utama Bnak NTT, Izakh Eduard Rihi (Picture: likuraionline.com)

“Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Izakh Eduard Rihi, dalam rapat koordinasi bersama Pemprov NTT dan para stakeholders, memaparkan Road Map Masyarakat Ekonomi NTT (MEN) dalam 3 fase. Di sini, Dirut Bank NTT pastikan Bank NTT akan ikut membantu pembangunan infrastruktur dan UMKM di NTT.”

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Direktur Bank NTT, Izakh Eduard Rihi, dalam rapat koordinasi memaparkan Road Map Masyarakat Ekonomi NTT (MEN) kepada para Asisten, Kepala Biro, Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Lembaga Keuangan terkait di Lantai 5 Bank NTT Pusat, Rabu (11/9/2019).

“Ini usulan atau konsep yang coba Bank NTT tawarkan kepada Forum, apa yang dipersiapkan Bank NTT yang sudah didiskusikan dengan alor bersama Gubernur NTT,” katanya memulai pemaparan.

Putra Sabu tersebut membagi pemetaan MEN ke dalam tiga fase. Pada Fase pertama, yaitu periode 2019 – 2020 Bank NTT bersama para stakeholders tengah berjuang secara kooperatif untuk membangun pondasi infrastruktur NTT yang kokoh.

Dirut Bank NTT saat memaparkan Road Map Masyarakat Ekonomi NTT (Picture: Ist.)

Selanjutnya dalam Road Map tersebut tampak bahwa pada fase kedua yaitu periode 2021-2022 akan dicapai pertumbuhan ekonomi berbasis sektor, mulai pertanian, perikanan, pariwisata, sektor-sektor unggulan lainnya.

 Selanjutnya pada fase ketiga yaitu periode 2022-2024 kesejahteraan masyarakat mulai terlihat, dimana sektor-sektor unggulan yang dipupuk dari fase satu bisa menjadi motor penggerak ekonomi NTT secara sustain.

Suasana forum ketika Izakh Eduard Rihi, Dirut Bank NTT menjelaskan kepada para stakeholders tentang bagaimana grand design Bank NTT dalam mendongkrak laju perekonomian NTT (Picture: Ist.)

Selain itu, Bank NTT mempunyai strategic planning dalam menjalankan tugasnya sebagai mitra strategis pemerintahan, yang adalah eksekutor.

Izakh juga mengatakan bahwa di bawah moto “Melayani Lebih Sungguh,” Bank NTT kini hadir dengan new vision, mission and value yang mana visi baru tersebut membuat Bank NTT menjadi rumah perbendaharaan dan kesejahteraan rakyat NTT.

Melalui visi tersebut juga Bank NTT membuka rumah dan akses yang lebih luas kepada masyarakat NTT untuk memanfaatkan Bank NTT sebagai mitra pembangunan UMKM guna percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam grand design ini, Bank NTT akan mengutamakan kepuasan dan loyalitas nasabah dengan pelayanan dan hospitalitas tingkat tinggi serta produk yang inovatif.

Ia juga memaparkan rencana bisnis untuk pembiayaan industri sektor unggulan daerah dari pengolahan ternak, jagung, ubi, pengolahan hasil perikanan, pariwisata, properti, perdagangan dan media.

Selanjutnya juga disiapkan untuk UMKM peternakan, kelor, jagung, ubi, perikanan, kerajinan rakyat dan pariwisata.

Bank NTT akan terus mendorong para pelaku ekonomi untuk bisa menghasilkan produk jadi dengan branding sendiri dari nama lokal.

Misalnya sepatu dengan brand nama lokal, yaitu Sepatu Raymundus atau Ikan Kaleng Nona Lembata dan lainnya.

Agar memotivasi para pelaku usaha dan juga potensi unggulan di NTT bisa dikenal secara luas.

Bank NTT juga akan mengamalkan rencana tersebut melalui dua langkah yaitu: pertama, Bank NTT akan berperan aktif dalam program penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di NTT melalui pemberdayaan ekonomi rakyat.

Kedua, mendorong terciptanya percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembiayaan infrastruktur pelayanan publik dan industrialisasi komoditi unggulan NTT.

“Saya sudah bertemu Bupati TTU dan Bupati sudah siapkan 200 hektar sebagai pusat industri peternakan di daratan Timor. Hal inilah yang perlu dilakukan juga di sektor lainnya,” ujar Izakh.

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi