Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Masuk ke Komodo, 2020 NTT Jual Tiket Digital, Harga 1.000 Dolar untuk 1 Tahun, Target Bidik 50 Ribu Wisatawan

2 min read

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, SH didampingi Kepala Badan Penghubung NTT, Viktor Manek di Bandara Soekarno Hatta, beberapa waktu lalu ketika akan terbang ke Kupang. (Foto:istimewa)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,–Pemerintah Provinsi NTT terus gencar menata dan mengelolah bisnis pariwisata di Pulau Komodo, Manggarai Barat. Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mempunyai strategi baru yaitu akan menerapkan tiket masuk memakai sistem keanggotaan (member) pada 2020 mendatang. Sistem member ini diyakini akan memasok pundi-pundi rupiah yang sangat besar bagi NTT.

Tentunya, penerapan sistem member tersebut dengan menggunakan sistem teknologi digital untuk penjualan dan pembayaran tiket masuk. Setiap wisawatan yang ingin ke Komodo harus menjadi member dengan membeli card member seharga Rp14 juta atau setara dengan 1.000 dollar yang masa berlakunya satu tahun.

“Target kita dalam satu tahun sekitar 50 ribu wisatawan yang ke Komodo. Dan jika Jika satu wisatawan membayar card member seharga 1.000 dollar, maka dalam setahun bisa meraup sekitar Rp700 miliar dari kunjungan wisatawan. Nah dalam lima tahun kita akan mendapat uang yang tidak sedikit. Uang tersebut kita bisa pakai untuk membangun sektor kebutuhan dasar rakyat NTT guna mengeluarkan NTT dari kemiskinan,” kata Gubernur Viktor dalam perbincangan dengan NTTBangkit.com, di Bandar Udara Soekarno Hatta beberapa waktu lalu.

Transaksi Lewat Bank NTT

Sementara itu, secara lebih rinci mengenai penerapan sistem digital penjualan dan pembayaran tiket, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTT, Dr. Marius Jelamu, belum lama ini menerangkan bahwa pemerintah saat ini sedang mempersiapkan sistem teknologi digitalnya. Sistem teknologi digital tersebut akan mulai beroperasi tahun depan.

Mantan Kadis Pariwisata NTT ini, menjelaskan bahwa sistem teknologi digital yang dibuat akan terhubung dengan sistem digital Bank NTT, sehingga memudahkan para wisatawan untuk melakukan transaksi ketika membeli tiket masuk yang berlaku selama satu tahun, dan dapat diperpanjang lagi.

“Kami sedang mempersiapkan sistem teknologi pembayaran tiket masuk ke Pulau Komodo. Sistem ini akan terkoneksi dengan bank untuk transaksi pembayaran bagi wisatawan mancanegara yang berwisata ke Pulau Komodo Pada 2020,” kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Minggu (1/12/2019) dilansir Antaranews.com.

Mengenai target bidik 50.000 wisatawan mancanegara ke Komodo pada tahun 2020, Marianus, menegaskan, Pemerintah NTT sangat optimistis arus kunjungan wisatawan mancanegara semakin meningkat pesat. Dikatakannya, penjualan tiket masuk dengan harga 1.000 dollar per tahun masih relatif murah bagi para wisatawan mancanegara. (Korneliusmoanita/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi