Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Kerja Sama Instalasi Air, Kedubes dan Komite Luar Negeri Parlemen Hongaria Berkunjung ke Ende

2 min read

Duta Besar Hongaria, H. E. Ms. Judiyh Pach bersama suami dan 6 orang delegasi serta Ketua Komite Luar Negeri Parlemen Hongaria, H. E. Mr. Zsolt N’emeth berkunjung ke Kabupaten Ende,Flores, Provinsi NTT, Jumad (17/1/2020).

ENDE, NTTBANGKIT.COM,- Duta Besar Hongaria, H. E. Ms. Judiyh Pach bersama suami dan 6 orang delegasi serta Ketua Komite Luar Negeri Parlemen Hongaria, H. E. Mr. Zsolt N’emeth berkunjung ke Kabupaten Ende,Flores, Provinsi NTT, Jumad (17/1/2020). Kedatangan mereka untuk melihat Instalasi Pengolahan Air di Kelurahan Rewarangga yang merupakan kerja sama untuk memperkuat dan mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Hongaria.

Kunjungan Delegasi Hongaria ke Kabupaten Ende tersebut dilaksanakan pada Jumat, 17/01/2020 sore. Mereka melihat dari dekat Instalasi Pengolahan Air atau Water Treatme Plan (WTP), Pengolahan Air di Kelurahan Rewarangga, (SPMAM IKK Rewarangga) Pembangunan Instalasi Pengolahan air yang merupakan bentuk kerja sama Bilateral kedua Negara Pemerintah Republik Indonesia dan Hongaria.

Rombongan delegasi Hongaria tersebut terdiri dari 9 orang, yakni, H. E. Mr. Zsolt N’emeth selaku Ketua Urusan Luar Negri Hongaria, H. E. Ms. Judith Pach, Duta Besar Hongaria untuk Indonesia, Mr. Bence Schmetovich, suami Duta Besar Hongaria, 2 orang Anggota Delegasi, yaitu, Mr. Zsolt Csenger Zal’an dan Mr. Robert F’irjes, Seorang Kepala Seksi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Hongaria, Ms. Lilla Karsay, serta 3 orang Pengusaha dari Kedutaan Besar Hongaria, yakni, Mr. Zsalbolchs Nagy, Vasyl Brenzovych dan Mr. Laszlo Kolarovszki.

Pada kesempatan tersebut, H. E. Mr. Zsolt N’emeth sebagai Ketua Urusan Luar Negri Parlemen Hongaria melalui penerjemah Nando Watu, dilokasi WTP Rewarangga, mengatakan, sebanyak 36 unit bangunan Water Treatme Plan yang dibantu atau dihibahkan oleh Pemerintah Hongaria di Indonesia, puluhan unit lainnya sudah dibangun di wilayah Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

“Kalau di Flores hanya ada di Kabupaten Ende. Selain program Penyediaan Air Bersih, Pemerintahan Hongaria juga menyiapkan program pembangunan rumah sakit, pembangunan infrastruktur jalan serta memberikan bea siswa untuk 100 orang pemuda Indonesia untuk mengikuti studi di Hongaria. Dan sejumlah program tersebut merupakan bentuk kerja sama Diplomatik dan Bilateral kedua Negara yang sudah terjalin lama,” ungkap, N’emeth.

Sementara itu, Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua anggota delegasi atas bantuan dan kerjasama melalui program WTP untuk Pemerintah Kabupaten Ende. Sehingga melalui bantuan dan kerja sama tersebut setidaknya dapat menjawabi kebutuhan masyarakat di kabupaten Ende.

“Saya berjanji akan menyerahkan dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya terkait Pengelolaan Program Instalasi Air (WTP) dikelurahan Rewarangga tersebut kepada Pihak PDAM Tirta Kelimutu Ende. Dengan harapan Pendistribusian Air tersebut dapat menjangkaui seluruh pelanggan di Kabupaten Ende termasuk di wilayah Boanawa, Walisongo dan sekitarnya,” ungkap Bupati Djafar.

Hal senada juga disampaikan Dirut PDAM Tirta Kelimutu Ende, Yustinus Sani, SE,  bahwa dengan adanya Instalasi Pengolahan Air (WTP) tersebut, pihaknya sangat terbantu. Produksi air bertambah dan pendistribusian air ke seluruh pelanggan yang ada tidak lagi mengalami kekurangan.

“Bantuan dari Pemerintah Hongaria ini hanya sekali. Maka saya mengajak seluruh masyarakat terlebih pelanggan yang akan menggunakannya, untuk secara bersama – sama menjaga dan merawatnya. Karena bantuan tersebut tidak datang 2 kali,” tandas Yustinus Sani. (Sumber: Suaraflores.Net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi