Rab. Agu 12th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Dukung Nawa Cita dan Permintaan Gubernur NTT, PLN Sambungkan Listrik Untuk Desa

1 min read
Ilustrasi: Pemasangan listrik di salah satu Desa di NTT (Image: Justice Law)

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Dalam rangka menyokong program nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menindaklanjuti permintaan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat terkait elektrifikasi di NTT, PLN kembali melakukan penyambungan listrik di empat desa di Kecamatan Kokbaun, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Desa Niti, Desa Sabnala, Desa Koloto, dan Desa Lotas. 

Dengan ini, 900 warga di empat desa tersebut dapat menikmati listrik dari PLN. Dalam prosesnya, untuk mengalirkan listrik ke empat desa tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 14 kms (kilometer sirkuit), jaringan tegangan rendah (JTR) 21 kms, dan 5 buah gardu dengan total kapasitas 250 kilo volt ampere (kVA).

“Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan listrik hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. Listrik untuk semua,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) Agustinus Jatmiko melalui keterangan tertulis, Senin (13/7/2020) sebagaimana dilansir dari bisnis.com.

Sementara itu, Camat Kokbaun Wilgo Nenometa berharap agar kehadiran listrik dari PLN tersebut dapat membuat warga lebih produktif dalam kreativitasnya sehingga hal tersebut bisa meningkatkan perekonomiannya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan masuknya listrik PLN, maka warga bisa lebih berhemat, mengingat sebelumnya warga menggunakan lampu pelita untuk penerangan di malam hari, dengan biaya setiap bulan sekitar Rp100.000. 

“Sejak listrik menyala warga membeli token Rp50.000 dan sampai sekarang belum beli lagi token,” tutur Camat Wilgo

Dia menambahkan bahwa sebelumnya,  untuk kegiatan ibadat gereja dibutuhkan BBM dari Betun dengan harga 200.000 Rupiah per bulan untuk genset. Kini, token dengan estimasi 200.000 Rupiah penggunaan listrik bisa lebih dari sebulan.(Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi