Ming. Sep 20th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Alokasikan 100 Miliard, Gubernur Laiskodat Dorong Revolusi Pertanian

2 min read

NTTBANGKIT.COM, KUPANG —  Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, saat menyampaikan sambutan pada acara Panen Perbenihan di Desa Kauniki Kecamatan Takari-Kupang , Rabu (12/20/2020), meminta para pemimpin daerah untuk  tidak pernah lelah membangun NTT. 

“ Kita mesti bekerja dengan cara-cara yang luar biasa, jangan dengan cara-cara yang biasa,” tutur Laiskodat sebagaimana Informasi yang diterima dari Humas Pemprov NTT.

Mantan Anggota DPR RI Fraksi Nasdem ini mengatakan bahwa para Bupati, Para Camat dan Para Kepala Desa untuk teru berkontribusi dari wilayahnya masing-masing untuk membangun kehidupan masyarakat NTT dengan menerapkan pola kerjanya yang luar biasa, termasuk dalam bidang pertanian.

“Pak bupati, kerja dikantor cukup 20 persen saja dan  80 persennya ada di lapangan. Camat mesti menguasai hal teknis.Begitu juga kepala desa. Revolusi itu ekstrem. Semua manusia yang terlibat mesti memiliki energi dan keinginan dobel. Lompatan kerjanya eksponensial. Kalau sehari 24 jam, kerjanya 16 jam dan istirahatnya 8 jam,” tutur putera Semau tersebut.

Dalam hubungan dengan dunia pertanian, Gubernur Laiskodat mengajak para petani untuk mengolah lahan secara profesional, visioner, dan dengan nurani yang baik. 

“Tanaman dan tumbuhan bagian dari makhluk hidup. Para petani harus tanam sesuatu dengan penuh cinta kasih. Kerja mesti selaras antara otak dan hati sehingga direstui oleh Tuhan,” tutur Laiskodat.

Ia juga menambahkan bahwa NTT memiliki potensi airnya luar biasa di beberapa daerah strategis. Namun ketersediaan benih unggul, khususnya padi dan jagung, masih belum begitu signifikan.

Inilah yang membuat ketersediaan benih unggul, demikian Gubernur NTT, perlu diusahakan lebih massif di NTT.

Gubernur juga menyakinkan bahwa dengan bantuan dari ahli yang sudah dihubungi, tahun depan sudah bisa dihadirkan benih unggul secara mandiri di NTT.

“Tapi yakinlah,tahun depan kita bisa. Saat ini terbukti bahwa kita mampu menghasilkan benih padi Varietas Ciherang. Ke depanya kita harus mendesaignnya secara lebih baik agar kebutuhan benih di NTT bisa dipenuhi,” ujar Gubernur Viktor.

Dalam komitmen Pemprov NTT untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, Gubernur NTT mengatakan bahkan pihaknya telah menganggarkan 100 Miliar untuk mendukung desain revolusi pertanian.

 “Tahun depan kita akan menganggarkan 100 miliyar untuk pertanian. Kebijakan ini merupakan anggaran terbesar sepanjang sejarah NTT untuk mengembangkan pertanian di NTT. Tentunya harus jelas perencanaan,pelaksanaan hingga pertanggungjawabanya. Saya harapkan  seluruh  kabupaten/kota dapat saling bersinergi untuk pengembangan pertanian di NTT,” tutur Laiskodat. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi