Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Wagub Nae Soi: Badan Penghubung NTT adalah Etalase NTT di Tingkat Nasional

2 min read

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (FORKAPPSI) di Hotel Silvia Labuan Bajo (28/8/2020), mengarsis bahwa Badan Penghubung NTT merupakan etalase NTT di tingkat nasional.

Untuk itu dirinya berharap agar Badan Penghubung mampu meningkatkan peran dan fungsinya di bidang kelembagaan, promosi, dan investasi yang mana merupakan sebuah keharusan.  

Wagub Nae Soi juga berharap agar Badan Penghubung bisa menyesuaikan frekuensinya dengan berbagai perubahan di tingkat nasional bahkan internasional untuk kemudian diupayakan agar daerah pun bisa mengikuti perubahan tersebut.

“Saya meminjam istilah yang dipopulerkan oleh seorang filsuf Romawi kuno bernama Ovidius Naso yaitu Tempora Mutantur, Nos Et Mutamur In Illis (waktu berubah, kita juga harus berubah di dalamnya), tidak bisa tidak, kita harus berubah, begitu juga harus terus berubah dan berkembang dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas,” tutur Nae Soi sebagaimana informasi yang diperoleh dari Humas Pemprov NTT.

Mantan anggota DPR RI fraksi Golkar ini juga menambahkan bahwa esensi dari sebuah organisasi adalah fungsi koordinasi yang merupakan proses integrasi sumberdaya dan proses manajemen untuk mencapai tujuan tertentu dari organisasi tersebut.

Tugas utama Badan penghubung, demikian Nae Soi, ialah untuk memudahkan urusan pemerintahan dalam hal fungsi komunikasi, Koordinasi, dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta berbagai entitas lainnya.

Putera Ngada tersebut juga mengajak untuk tidak hanya menjalankan fungsi koordinasi, tetapi juga harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Mari berkolaborasi, tidak hanya sekedar koordinasi tapi berkolaborasi antar pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Nae Soi.

Sementara itu dalam forum yang sama, Ketua Forum Komunikasi Badan Penghubung Provinsi Seluruh Indonesia (FORKAPPSI) Viktor Manek mengatakan bahwa Badan Penghubung merupakan garda terdepan sekaligus perekat dan pemersatu bangsa. 

“Tugas kami tidak lagi sebagai fasilitator pusat. Tapi kami akan sebagai garda terdepan, mempromosikan daerah masing-masing, menghadirkan investor ke daerah, dan membangun kerja sama di daerah masing-masing.

Kepala Badan Penghubung Pemprov NTT, Vicktor Manek, S. Sos, M.Si (Image: Dok. Pribadi)

kita menghubungkan titik timur – barat, utara – selatan Indonesia untuk mempersatukan dan merekatkan keragaman yang kita miliki,” tutur Manek.

Putera Malaka ini juga menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan kajian tentang peranan Badan Penghubung yang didalamnya termasuk membangun komunikasi dengan kementerian dan lembaga, kedutaan besar, dan investor untuk membangun NTT dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya, serta sektor-sektor lainnya. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi