Jum. Jan 22nd, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

NTT Segera Jadi Contoh Provinsi Pengguna EBT Terbesar di Indonesia

1 min read
Pakar Filsafat Lingkungan, Dr. Frederikus Fios

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM — Menanggapi berita terkait rencana Gubernur NTT, Viktor Laiskodat yang meminta masyarakat Sumba untuk mendukung pembangunan listrik tenaga surya (PLTS), pakar Filsafat Lingkungan Doktor Frederikus Fios mengatakan NTT perlu segera mewujudkan diri sebagai model dan contoh pengguna sumber listrik energi baru terbarukan (EBT) terbesar di Indonesia.

Hal ini dikatakan Doktor Fios melihat banyak dan besarnya potensi energi alam ramah lingkungan yang tersebar di pulau-pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Di Flores, dapat dibangun pusat listrik tenaga panas bumi, di Sumba dapat dibangun pusat listrik tenaga surya, di Timor dapat dibangun pusat listrik tenaga bayu atau angin”, jelas Doktor yang banyak melakukan kajian material filsafat lingkungan ini.

Doktor Fios menjelaskan bahwa banyak riset sudah dilakukan tinggal ada atau tidak political will (kemauan politik) dari pemerintah atau tidak untuk merealisasikan hasil-hasil riset itu untuk kemajuan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan di NTT.

Di tengah Pandemik Covid 19 dibarengi fenomena potensi resesi yang membayangi dinamika ekonomi Indonesia, NTT dapat muncul sebagai solusi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.

“NTT sudah saatnya menjadi contoh provinsi yang mempercepat transformasi dan transisi penggunaan energi berbahan energi baru terbarukan”, kata Doktor Fios sambil menegaskan bahwa jika hal ini cepat terlaksana maka NTT akan menjadi primadona provinsi EBT pertama di Indonesia dibandingkan dengan Provinsi lain di Indonesia ini. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi