Sen. Sep 21st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Buka Acara Bimtek DPRD Flotim, Wagub Nae Soi Tekankan Koordinasi dan Kolaborasi

2 min read

LARANTUKA, NTTBANGKIT.COM – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi, saat membuka Bimbingan Teknis Pendalaman Tugas bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur di Hotel Sotis pada Senin (7/09/2020) tersebut mengatakan bahwa kolaborasi yang antara pemerintah dan DPR intens merupakan hal utama yang harus dijaga, karena merupakan titik sentral yang menentukan nasib masyarakat.

“Yang paling sulit di dalam kehidupan kita sehari-hari, hubungan antara Legislatif dan Eksekutif adalah bagaimana mempersatukan Mindset. Sebenarnya pikiran manusia itu bisa dipengaruhi untuk satu tujuan. Kita manusia sudah diciptakan oleh Tuhan, itu namanya Conscious atau alam sadar hanya 12 %, dan ada yang tidak sadar itu namanya Unconscious 88%, kita bisa membuat agar yang Unconscious dapat menjadi Conscious bersama, itu tergantung pada seni dari pada seorang pemimpin,” tutur Nae Soi sebagaimana informasi dari Humas Pemprov NTT.

Putera Ngada tersebut juga mengatakan bahwa dalam konteks kolaborasi, tugas Pemerintah adalah memberikan masukan atau memberikan informasi kepada Dewan, melakukan Konsultasi, dan melibatkan diri (involve). 

“Jadi urutannya adalah Inform (Informasi), Consul (Konsultasi) baru Involve (Pelibatan) itu baru namanya Kolaborasi, tanpa itu tidak bisa disebut Kolaborasi,” tutur Wagub Nae Soi.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa berbicara tentang kolaborasi atau koordinasi merupakan hal yang mudah, tetapi mencari titik temu antara DPR dan Pemerintah adalah hal yang sangat sulit.

Untuk itu ia mengajak para anggota DPRD yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk membangun koordinasi dan kolaborasi yang intens untuk menghasilkan satu gagasan bersama guna membangun Flores Timur, dan Provinsi NTT.

“Semua anggota dewan pasti sudah paham, dan teman-teman anggota dewan pasti sudah menjalankan itu. Sekarang tinggal bagaimana kita menyusun supaya ada kesatuan konsep, kesatuan langkah, dan kesatuan gerak dalam kita membangun Flores Timur pada khususnya dan Nusa Tenggara Timur pada lebih di atasnya dan Indonesia pada umumnya,” ujar Nae Soi.

Wagub juga meminta agar para anggota DPRD Flores Timur bisa membantu Pemprov NTT dalam menyukseskan grand design Masyarakat Ekonomi NTT yang mandiri secara ekonomi, sosial, dan budaya, dengan pariwisata dan budaya sebagai prime mover.

Pada kesempatan terakhir, Wagub Nae Soi berterimakasih kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTT (BPSDMD Prov. NTT) yang telah mengundang sekaligus untuk membuka acara tersebut.

“Terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTT (BPSDMD Prov. NTT) yang telah mengundang saya sekaligus untuk membuka acara yang sangat terhormat ini. Kalau saya diundang untuk bertemu dengan teman-teman DPRD pasti saya sangat antusias, karena saya juga almamater dari DPR-RI jadi saya pasti antusias dengan teman-teman sekalian,” tutup Nae Soi diiringi tepuk tangan. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi