Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

KM.Cantika Perlancar Arus Tranportasi Kupang-Sabu Raijua

3 min read

KM Cantika ketika menurunkan penumpang di Pelabuhan Seba (FotoBungkornell)

KM.Sabuk Nusantara yang rutin melayani Sabu Raijua

NTTBANGKIT.COM,- Bila dahulu arus transportasi laut ke Sabu masin minim dan terbatas, saat ini sudah jauh lebih lancar. Hadirnya beberapa kapal besar yang pergi pulang setiap hari dan setiap minggu, sangat mendukung arus barang dan jasa di Sabu.

Ada Sabuk Nusantara yang memuat barang dan penumpang setiap minggu, ada kapal ferry dan ada pula KM. Cantika yang khusus memuat penumpang, makin mendorong pertumbuhan ekonomi Sabu mulai bersaing dengan daerah lainnya.

Dari tiga jenis kapal barang dan penumpang, KM Cantika kini menjadi pilihan mayoritas warga yang pergi pulang dan pulang pergi setiap hari. Dua buah kapal cantika yang disediakan pengusaha, di sambut gembira oleh warga karena lebih cepat dan gesit mengarungi laut Sawu. Setiap hari, KM Cantika bolak-balik melayani penumpang dari Kupang-Sabu.

Seperti disaksikan media ini, belum lama ini, KM.Cantika yang bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang pukul 10.00 Wita tiba di Pelabuhan Seba pada pukul 6.00 Wita. Menurut warga yang sering menumpang, KM. Cantika lebih memberikan kenyamanan dan keamanan dari pada menumpang kapal fery ASDP yang selama bertahun-tahun melayani Kupang-Sabu Raijua.

“Ya, KM Cantika sangat membantu kami. Dia lebih gesit dan lebih cepat serta lebih nyaman. Saya sangat senang menumpang KM.Cantika. Hadirnya KM Cantika ini sangat membantu kemajuan transportasi dan mendukung ekonomi Sabu. Memang ada juga ferry yang dulu menjadi pilihan satu-satunya, namun fery kan lebih memuat barang-barang sedangkan KM. Cantika lebih khusus penumpang,” ujar Ama Kore dalam dialog dengan media ini dalam perjalanan ke Kupang-Sabu, pekan lalu.

Menurut Bupati Sabu Raijua, KM Cantika hadir semata-mata untuk membantu mempercepat arus transportasi laut Kupang-Sabu. Kapal ini memang khusus untuk penumpang. Setiap hari ada dua kapal yang pulang pergi. Jadi warga tidak kesulitan lagi.

“Kami berharap dengan kehadiran KM Cantika yang sudah setahun melayani Kupang-Sabu dan Sabu Kupang meningkatkan arus perdagangan dan memajukan ekonomi Sabu. Selain itu juga mendukung pembangunan di bidang pariwisata yang kini sedang digalakan pemerintah provinsi NTT dan Pemerintah Sabu Raijua,” terang Bupati Sabu, Drs. Nicodemus Rihi Heke,M.Si.

Pengembangan Dermaga Seba

Walau sudah ad banyak kapal yang masuk ke Sabu, warga Sabu masih belum memiliki pelabuhan yang lebar dan besar. Saat ini, satu-satunya hanya ada pelabuhan Seba di Sabu Barat yang berukuran kecil. Dampaknya, kapal-kapal yang akan berlabuh harus antri atau menunggu giliran untuk sandar.Untuk itu, warga berharap ke depan, pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten dapat membangun pelabuhan yang jauh lebih besar agar kapal-kapal yang masuk lebih leluasa untuk sandar.

Menanggapi harapan warga, Bupati Rihi Heke, mengaku, pihaknya telah mengusulkan pembangunan atau pengembangan Pelabuhan Seba kepada pihak Kementerian Perhubungan agar mendapat perhatian anggaran.

“Kita terus memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur laut. Secara khusus untuk pelabuhan Seba kami sudah mengusulakan untuk dibangun lebih besar. Pasalnya, saat ini sudah ada begitu banyak kapal yang setiap hari masuk ke Sabu. Selain kapal penumpang, ada pula kapal barang yang bongkar muat di pelabuhan Seba. Kondisi pelabuhan saat ini memeng jauh dari layak. Kita berharap ada perhatian penuh dari pemerintah pusat,” terangnya.

Sebelumnya, dia menjelaskan, untuk mendukung pengisian bahan bakar minyak (BBM), pemerintah juga akan membangun Depot pengisian BBM yang letaknya tak jauh dari pelabuhan. Dengan demikian, kapal-kapal yang masuk ke Sabu tidak kesulitan mengisi bahan bakar. (kornelisMoaNita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi