Kam. Feb 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

5 views

Ukur Kebugaran Tubuh Secara Mandiri, Menteri Budi Gunadi Kenalkan Aplikasi SIPGAR

2 min read

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin (Foto:indonews.id)

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM,-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan seluruh pegawai Kemenkes dan masayarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda Tana Air.

Untuk itu, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkenalkan aplikasi SIPGAR. Pengenalan dilakukan bersamaan test kebugaran, senam kebugaran serta penyerahan ISO 9001 : 2015 tentang Standar Managemen Mutu.

“Aplikasi SIPGAR adalah aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun,” kata Menteri Budi Gunadi, dalam sambutannya pada Jumat (15/1) di Lapangan Sujudi.

Dalam sambutannya, Menteri Budi Gunadi mengingatkan seluruh pegawai Kemenkes dan masayrakat luas untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Salah satu cara mudah, yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, adalah rutin berolahraga. Dengan berbagai manfaat yang didapatkan, olahraga mampu mencetak generasi sehat dan bugar.

“Namanya Kementerian Kesehatan kegiatan kita adalah membangun orang yang sehat bukan menyembuhkan orang yang sakit,” tuturnya.

Dia mengajak seluruh jajaran di Kemenkes dan seluruh masyatakat Indonesia rutin beraktivitas fisik. Olahraga yang dianjurkan selama 30 menit per hari atau 10.000 langkah. Aktivitas fisik termasuk kegiatan dari Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang terus digalakkan oleh pemerintah.

“Ayo kita habiskan waktu lebih banyak untuk hidup lebih sehat, sembuh dari sakit dengan cara olahraga yang kata WHO 30 menit perhari selama 5 hari dalam seminggu,” pesannya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kirana Pritasari, melaporkan bahwa kegiatan senam bersama ini merupakan yang pertama setelah sebelumnya sempat dihentikan karena pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi awal dari kegiatan kita yang selama ini sudah rutin dilakukan sebelum pandemi. Kita memiliki kebiasaan setiap hari melakukan olahraga bersama setiap Jumat dan pengukuran kebugaran,” katanya.

Dirinya berharap pengenalan aplikasi SIPGAR dapat mendorong seluruh pegawai Kemenkes dan masyarakat untuk semakin rutin berolahraga guna meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh.

“Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan seluruh staf di Kemenkes untuk kembali berolahraga, sebelum kita mengajak masyarakat kita sendiri harus bugar,” imbuhnya seperti disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM dalam siaran persnya.

Dalam pengetesan kebugaran, Menkes bersama Wamenkes, para pejabat tinggi madya dan pratama serta pegawai di Kementerian Kesehatan berlari mengelilingi kantor Kemenkes sebanyak 3 kali putaran. Hasilnya bisa langsung keluar dan dapat di cek di aplikasi SIPGAR. (Editor: KornelisMoaNita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi