Sab. Sep 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur Laiskodat Apresiasi Kinerja Bank NTT, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

4 min read

MANGGARAI, NTTBANGKIT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi kinerja Bank NTT atas terobosan program pendampingannya kepada masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Nusa Tenggara Timur.

“Terimaksih kepada Bank NTT yang terus memberikan perhatian kepada masyarakat di desa dengan berbagai terobosan yang dilakukan. Saya harap masyarakat terus diberikan bantuan dan pendampingan agar perekonomian bisa terus tumbuh,” Hal itu disampaikan Gubernur dalam sambutannya pada kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) di desa Colol, Kecamatan Lamba Leda Timur, Minggu 23 Mei 2021.

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, Gubernur NTT bersama rombongan tiba di Tangkul, Desa Rende Nao, pada pukul 18.12 WITA. Gubernur NTT berbagai rombongan disambut dalam nuansa adat ‘Kepok Tuak Curu’ oleh perwakilan tokoh adat Kampung Tangkul Bpk. Arnold Ambut, dan didampingi oleh Camat Lambaleda Timur Hendrikkus Radas.

Selanjutnya, Gubernur Laiskodat secara simbolis menegaskan Colol merupakan kawasan penghasil kopi terbaik di NTT. Hal tersebut disimbolkan dengan dibukanya selubung selubung Plataran Kawasan Agrowisata Lembah Colol yang dibangun atas dukungan Bank NTT.

Kegiatan tatap muka tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah Provinsi NTT dan daerah pimpinan Bank NTT bersama sejumlah staf dan juga pihak Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores ( BOPLBF).

Sejumlah pejabat yang terpantau hadir pada kesempatan itu diantaranya yaitu Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho. Direktur Kredit Bank NTT, Stefen Mesak. Direktur BOPLBF, Sana Fatima. Staf Bank NTT Cabang Borong serta Staf Bank NTT dari Kupang.

Para pejabat pemerintah daerah Kabupaten Manggararai Timur juga turut hadir dalam kegiatan kunjungan kerja Gubernur NTT itu yaitu Bupati Agas Andreas, SH, M.Hum. Wakil Bupati, Drs. Jaghur Stefanus. Asisten II Pemda Kabupaten Manggarai Drs. Mikael Jaur. Camat Borong Maria, Yarini Gagu, S.Kep.

Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Heremias Dupa, S.Ikom, M.Si. Wakil Ketua I DPRD Manggarai Timur, Bernadus Nuel, SH. Wakapolres Manggarai Timur Kompol Ahmad, SH. Serta Unsur Forkompimda Kabupaten Manggarai Timur.

Berbagai kegiatan yang dilakukan Gubernur oleh Viktor Laiskodat bersama Bank NTT selama berada di kawasan agrowisata lembah Colol sala satunya yaitu meresmikan Lopo DiaBisa Bank NTT dan Bumdes Poco Nembu, Desa Colol sebagai UMKM desa binaan Bank NTT. Usai acara peresmian tersebut Gubernur NTT berharap agar Lopo DiaBisa Bank NTT dan BumDes Poco Nembu berguna bagi masyarakat desa dan terus berkembang menjadi kekuatan penyangga ekonomi di desa.

Sejumlah kemudahan dapat diperoleh bagi warga desa dengan memanfaatkan Lopo DiaBisa Bank NTT diantaranya pembayaran tagihan telepon dan internet, pembayaran TV Berlangganan, Pembayaran Listrik, Pembayaran BPJS Kesehatan, Pembayaran Universitas atau Yayasan, Pembayaran PDAM, dan Pembayaran Pajak.

Terdapat beberapa jenis produk inovasi serta program dari Bank NTT diperuntukkan juga bagi warga desa Colol diantaranya, Bank NTT menyerahkan bukti pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual di Kemenkumham RI kepada Bupati Manggarai Timur Agas Andereas oleh Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho.

Selain itu, Gubernur Laiskodat juga ikut menyaksikan penyerahan bukti pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual Merek (HAKI) dari Kemenkumham RI melalui Bank NTT serta penyerahan kredit investasi pembelian mesin kemasan kopi untuk BumDes Poco Nembu Desa Colol sejumlah Rp 140 juta oleh Bank NTT. Selain itu, bantuan sosial kepada Bumdes Poco Nembu dari Gubernur NTT yang diserahkan oleh staf khsus Gubernur, Pius Rengka sebesar Rp 25 juta.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, merek merupakan wujud karya intelektual manusia yang dilindungi oleh Undang-undang di Indonesia. “Sebagai bentuk sinergitas Bank NTT dengan Instansi Pemerintah dalam Standarisasi Produk, Bank NTT memberikan fasilitas pendaftaran merek bagi pelaku UMKM Binaan atau Debitur Bank NTT dengan tujuan mulia agar setiap pelaku UMKM mendapatkan perlindungan hukum,” sebut Dirut Alex.

Ia menambahkan, selain itu pendaftaran mereka itu juga untuk memotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa serta pengembangan bisnis ke skala yang lebih baik di tingkat Nasional bahkan Internasional. Dijelaskan Dirut Alex, Pendaftaran Kekayaan Intelektual Merek Program Festival Desa Binaan Bank NTT, merupakan implementasi Bank NTT mendukung Pemerintah Daerah Provinsi NTT dalam mengentaskan kemiskinan di NTT. Hal itu dilakukan dengan mendesain pembinaan di masyarakat desa berupa peningkatan literasi keuangan, pelatihan dan pendampingan masyarakat Desa yang ada di NTT.

“Pencatatan history atau sejarah desa dibuat modern dalam bentuk QR Code, serta seluruh transaksi pembayaran produk dan jasa menggunakan fasilitas pembayaran Non Tunai. Program ini membentuk sebuah desa yang mandiri, sejahtera dan berprestasi berbasis Desa Wisata, Digital dan Modern,” katanya.

Dalam kunjungan itu, Gubernur Laiskodat didampingi para Sataf Khsusu diantaranya Thony Djogo, Pius Rengka dan Imanuel Blegur serta Pimpinan OPD diantaranya Kadis Pertanian Tanaman Pangan Lecky F. Koli, Kadis PUPR Maksimus Nenabu, Karo Administrasi Pimpinan Marius Andre Jelamu. Dan, Dirut Bank NTT Alex Riwu kaho didampingi oleh Direktur Kredit dan Pemasaran Paulus Stiven Messakh.

Berkunjung dan memiliki menginap satu malam di Desa Colol untuk merasakan suasana malam serta melihat kehidupan masyarakat di desa yang terkenal dengan komoditas kopi terbaik dunia itu merupakan
impian Gubernur Laiskodat.

“Welcome To Paradise,” ungkap Gubernur NTT itu dalam sambutannya. “Sejak tahun 2018 Kopi Colol mendapatkan pengakuan sebagai kopi terbaik dunia di Paris. Saat itu saya kebetulan berada di Paris,” ungkapnya. “Saya bersyukur sekali malam ini saya bisa tidur di Colol Desa dengan kopi terbaik di dunia. Menikmati suasana angin segarnya yang aduhai,” ungkap Gubernur Laiskodat.

Gubernur mengungkapkan bahwa Colol merupakan salah satu tempat beristirahat yang nyaman sebelum melanjutkan agenda kunjungan kerja selama satu pekan di daratan Flores, yang dimulai dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dan berakhir di Kabupaten Ende pada Rabu (26/5/2021) mendatang.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi