Sen. Des 6th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Bersama Warga Kabupaten Kupang Panen Bawang Merah Jenis Lokananta

2 min read

Gubernur NTT bersama Bupati Kabupaten Kupang Corinus Masneno, melakukan panen bawang merah biji jenis Lokananta di Desa Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, bersama Bupati Kabupaten Kupang Corinus Masneno, Selasa 28/9/21 melakukan panen bawang merah biji jenis Lokananta secara simbolis di Desa Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Bawang merah biji jenis Lokananta ini dikembangkan oleh kelompok tani Maju bersama dan kelompok tani Fajar pagi di lahan seluas 11 hektar.

Bupati Kabupaten Kupang Corinus Masneno menjelaskan secara rinci rata-rata pendapatan dilahan seluas 1 hektar mencapai 22 ton dengan harga jual 15 ribu rupiah/kg. Maka untuk hasil panen dilahan 11 ha total pendapatan dari kedua kelompok tani ini mencapai 3,6 Miliar.

Ada 3 keunggulan dari variatas bawang merah biji jenis Lokananta yaitu mudah, murah, dan menguntungkan. Dari segi biaya produksi pengembangan dengan biji sangat membantu petani karena harga biji bawang merah Rp 3.000.000,- per kg dan dalam 1 hektar kurang lebih butuh 4 kg biji bawang merah, sehingga dalam 1 ha lahan hanya membutuhkan sekitar Rp 12. 000.000,- untuk membudidayakannya.

Sementara itu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi NTT bersama Pemerintah Kabupaten Kupang akan terus membantu petani termasuk petani bawang merah di Oesao dan sekitarnya untuk dapat meningkatkan produksi serta distribusi komoditas Bawang.

“Oleh karena itu saya minta agar para kelompok tani untuk konsisten tingkatkan hasil produksi dan jangan malas. Para pendamping penyuluh pertanian bersama Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten juga saya tuntut untuk selalu turun ke lapangan bersama para Petani. Di NTT, khususnya di Kabupaten Kupang, kita punya potensi yang luar biasa dengan area lahan yang sangat luas dan menjanjikan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian. Maka dari itu jangan pernah sia-siakan semua potensi lahan pertanian tersebut,” tegas Gubernur Laiskodat.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi NTT, Maria Nuban Saku, Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Nasir Abdullah, Staf Khusus Gubernur NTT, Tony Djogo, Camat Kupang Timur, Deny Adoe, serta Lurah Oesao, Vasco Soares.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi