Sen. Des 6th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Serahkan 350 Sertifikat Tanah Kepada Warga di Pulau Semau

2 min read

Penyerahan sertifikat tanah oleh Gubernur NTT di Desa Naikean Kecamatan Semau Selatan

SEMAU, NTTBANGKIT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat bersama pihak Kantor Wilayah ATR/BPN NTT menyerahkan 350 sertifikat retribusi tanah objek reforma agraria kepada warga di Pulau Semau, Kabupaten Kupang.

Penyerahan sertifikat tanah ini dilakukan di Desa Naikean Kecamatan Semau Selatan, yang diberikan langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Kepala Wilayah ATR/BPN NTT, Wakil Bupati Kupang Jery Manafe.

Dalam sambutanya Gubernur NTT memberikan apresiasi kepada BPN/ATR NTT beserta jajarannya karena telah memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat. Ia mengatakan penyerahan sertifikat tanah untuk warga ini menunjukkan paradigma pelayanan publik yang telah berubah khususnya pemberian kepastian kepemilikan tanah kepada warga.

“Saya memberikan apresiasi dan hormat kepada BPN di Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang atas kerja luar biasa yang dilakukan sehingga pada hari ini kita dapat membagikan 350 sertifikat tanah untuk warga Pulau Semau. Hari ini sebuah paradigma pelayanan publik yang telah berubah khususnya pemberian kepastian kepemilikan tanah dari BPN/ATR. Momentum Ini menjadi satu kesatuan semangat perubahan untuk kita membawa provinsi ini menjadi provinsi yang maju”. Kata Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur VBL mengatakan akan terus mendorong pembangunan infrastruktur di daerah terpencil di NTT. Serta diharapkan ke depannya dengan pembagian sertifikat tanah ini masyarakat dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Sebagai Gubernur, tetap mendorong pembangunan infrastruktur di seluruh daerah-daerah terpencil di NTT. Dan ke depannya ruas jalan nasional akan dibangun mengelilingi pulau ini berkat restu dari Presiden Jokowi karna kecintaannya kepada NTT. Saya harapkan dengan penyerahan ini, tanah-tanah disiapkan agar ditanami bawang dan kedepannya dari tempat ini dapat memproduksi bawang goreng terbaik dari NTT.

Gubernur Laiskodat juga mendorong sertifikasi tanah rakyat terus dapat dilakukan sehingga kepastian kepemilikan tanah dapat dimiliki oleh masyarakat,

“Dengan begitu ke depannya tidak akan ada lagi sengketa-sengketa tanah yang dapat merugikan masyarakat,” katanya.

Kakanwil ATR/BPN NTT, Jaconias Walalayo mengatakan, Presiden Jokowi telah menyerahkan sertifikat redistribusi tanah Reforma Agraria. Dan hasil penyelesaian sengketa konflik pertanahan sebanyak 128.120 sertifikat di 26 provinsi dan 127 Kabupaten/Kota. Dan untuk di NTT sendiri Presiden menyerahkan 4.168 sertifikat dari target kita tahun ini adalah 11.913 bidang di 17 Kabupaten,” ucap Jaconias.

“Kegiatan retribusi tanah di Kabupaten Kupang sesuai dengan target 1500 bidang di Kecamatan Amarasi Selatan dan Semau Selatan. Di Kecamatan Semau Selatan tepatnya di Desa Naikean sebanyak 350 bidang diberikan kepada 134 KK dengan luas tanah 191,24 Hektar. Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menyerahkan tanah kepada Ketua Gugus Tugas Reforma Agraria NTT. Untuk kami tata kembali peruntukan dan pemanfaatannya melalui kegiatan redistribusi tanah yang hari ini diserahkan kembali kepada masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT selaku Kepala Gugus Tugas Reforma Agraria NTT yang telah memberikan dukungan. Dan petunjuk sehingga sertifikasi bidang tanah dapat berjalan dengan baik.” Tambah dia.

Sementara itu Kepala Desa Naikean, Sefanya Patola dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pembagian sertifikat tanah Retribusi Tanah Objek Reforma Agraria. Kegiatan ini baru pertama kali terjadi di desa tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tinggi kepada Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat selaku Kepala Gugus Tugas Reforma Agraria NTT beserta Kakanwil ART/BPN NTT. Yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut”, ungkap Kades Sefanya.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi