Sen. Mei 23rd, 2022

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Ketua GMNI NTT: Sosio-Teknologi Adalah Pilihan Dalam Upaya Menghadapi Hegemoni Teknologi

2 min read

KUPANG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Nusa Tenggara Timur, Marianus Krisanto Haukilo menilai bahwa sosio-teknologi merupakan pilihan tepat bagi setiap bangsa dalam menghadapi tantangan zaman.

Hal ini dikatakannya, berdasarkan tema Dies Natalis GMNI ke- 68 yakni “Sosio-Teknologi Menjawab Tantangan Kapitalisme 4.0”. Selain itu, Marianus pun mengatakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang sekarang terjadi yakni pengaruh teknologi begitu besar dalam segala aspek kehidupan manusia.

“Disrupsi teknologi dalam segala aspek kehidupan manusia merupakan suatu keniscayaan dan sulit rasanya jika dua entitas ini dipisahkan.  Oleh sebab itu, sosio-teknologi merupakan pilihan dan jalan yang dapat ditempuh bagi masa depan setiap bangsa yang ingin tumbuh menjadi bangsa yang merdeka secara sejati, menjadi bangsa yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian dalam menghadapi hegemoni perkembangan dan tantangan zaman”, kata Isto Haukilo, Rabu (23/03/2022)

Selain itu, Isto juga menjelaskan, Sosio-teknologi perlu dipahami sebagai upaya retoolling secara konstruktif dan sistemik terhadap relasi manusia dan ketergantungannya dengan teknologi, agar kemajuan teknologi atas nama globalisasi tidak mengakibatkan manusia teralienasi dari kehidupan sosial masyarakat dan tercerabut dari hakikat kemanusiaannya sebagai pribadi yang bermartabat dan berdaulat penuh atas kehidupannya. Sebaliknya, kecanggihan teknologi harus mampu memberikan manfaat dan dampak positif bagi kehidupan manusia.

Bertepatan dengan Dies Natalis GMNI ke- 68, Ia juga berharap agar GMNI tetap menjadi kawah candradimuka dan laboratorium kehidupan bagi setiap generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

“Semoga GMNI terus menjadi kawah candradimuka, tempat mendidik kader-kader bangsa agar kelak tumbuh menjadi generasi yang berkarakter, militan dan memiliki semangat pengabdian yang tinggi bagi bangsa dan negara ini”, lanjut mantan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC GMNI Kupang 2018-2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi