Sen. Mei 23rd, 2022

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gempa M=4,3 Mengguncang Sumba Tengah

2 min read

JAKARTA, NTT BANGKIT.COM –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Jumat (09/08/2019) melaporkan bahwa telah terjadi gempa dengan magnitudo 4,3 di wilayah Waibakul, Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa tersebut terjadi pada pukul 16.10.31 Wita. Pusat gempa tersebut berada di darat.

Informasi mengenai gempa di Waibakul disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter, @infoBMKG, Jumat (9/8/2019). Gempa terjadi pada pukul 15.10 WIB.

“Pusat gempa berada di darat, 9 Km Barat Daya Waibakul,” tulis BMKG pada akun twitternya.

Gempa berada di kedalaman 21 km. Titik koordinat gempa 9,66 derajat Lintang Selatan dan 119,52 derajat Bujur Timur, kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sumba Timur, Arief Tyastama.

Di Waingapu dan Tambolaka, gempa dirasakan dengan skala MMI III. Artinya bahwa gempa dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Belum diketahui ada tidaknya dampak yang lebih besar dan fatal dari gempa tersebut. 

Arief menyatakan bahwa dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa tersebut adalah gempa yang terjadi akibat pergeseran biasa.

Arief juga mengingatkan agar masyarakat memastikan bahwa rumah mereka haruslah di design supaya tahan gempa, agar gempa kecil tidak bisa merobohkan rumah warga.

Sementara itu Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs. M.Taufik Gunawan menyampaikan itu dalam siaran pers yang dikirim oleh pihak Stasiun Geofisika Waingapu di grup WhatsApp Info BMKG Sumba, Jumat (9/8/2019).

Taufik juga menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Dampak gempa bumi itu, jelas Taufik berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka IV MMI dan Waingapu, Waikabubak III MMI.

Kepada masyarakat, Taufik menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu hiperbola yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya dengan tujuan untuk membuat masyarakat panik.

Taufiq juga menghimbau masyarakat untuk memastikan dan memeriksa keadaan rumah di sekitar wilayah gempa, apakah ada kerusakan akibat getaran gempa atau tidak. (EK/NBC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi