Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Tarian Caci Manggarai Membahana di Taman Mini Indonesia Indah

2 min read

Susasana ramai pada Festival Budaya Manggarai di TMII Anjungan NTT (Sumber: Ist.)

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74, sekaligus sebagai ajang promosi budaya NTT, Ikatan Keluarga Besar Manggarai Jakarta (IKBMJ) mengadakan festival budaya Manggarai di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah Sabtu (17/08) ini. Tarian caci sebagai acara utama yang dimainkan oleh IKBMJ ini disambut baik oleh para pengunjung. Bahkan seiring dengan berjalannya acara tersebut, semakin ramai pula pengunjung yang berkumpul di sekitaran lokasi Anjungan NTT TMII.

Tari Caci yang membuka acara ini sebetulnya adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai di Flores, Nusa Tenggara Timur. Penari yang bersenjatakan cambuk bertindak sebagai penyerang dan seorang lainnya bertahan dengan menggunakan perisai. Tarian ini dimainkan saat syukuran musim panen (hang woja), ritual tahun baru (penti), upacara pembukaan lahan atau upacara adat besar lainnya serta dipentaskan untuk menyambut tamu penting.

Dalam konteks 17 Agustus ini, tarian caci dimaksudkan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Rasa syukur tersebut juga dihaturkan kepada para pahlawan yang telah melawan para penjajah dengan gagah berani.

Selain caci, IKBMJ juga mempersembahkan sebuah aksi teatrikal tentang sejarah bagaimana nama Manggarai yang ada di Jakarta ini berasal.

Kepala Badan Penghubung NTT di Jakarta, Viktor Manek mengatakan pada perayaan 17 Agustus kali ini, Pemerintah Provinsi NTT melalui Badan Penghubung NTT bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Besar Manggarai di Jakarta mengadakan festival budaya Manggarai di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah. 

Para pengisis acara Festival Budaya Manggrai bersama tim kreatif dan dua orang pengunjung asal Ngada (Sumber: Yoman)

Selain itu, Manek juga mengajak semua pihak untuk bisa menyaksikan pagelaran budaya manggarai ini secara langsung di TMII.

Promosi budaya NTT pertama yang diselenggarakan oleh Komunitas Perempuan Manggarai di anjungan NTT TMII

“Kegiatan festival budaya Manggarai ini berlangsung selama 2 hari, pada hari Sabtu ini dan Minggu. Selain untuk merayakan HUT RI , festival budaya ini juga untuk mempromosikan budaya Manggarai sebagai salah satu destinasi wisata terbesar di NTT.” Tutur Manek kepada redaktur NBC.

Manek juga mengatakan bahwa festival ini merupakan promosi budaya NTT pertama yang diselenggarakan oleh komunitas perempuan manggarai di anjungan NTT TMII. Ke depannya, Manek akan mengajak semua diaspora NTT di Jabodetabek untuk melakukan festival atau apapun bentuk kegiatan promosi budaya yang diprakarsai diaspora  dari setiap kabupaten/kota se-NTT.

“Untuk Promosi budaya NTT, anjungan NTT TMII digunakan gratis. Kita juga berkoordinasi dengan Badan  Pengelola TMII untuk memberikan tiket masuk gratis kepada pengunjung anjungan NTT dalam kegiatan-kegiatan promosi budaya kedepannya. Melalui jalan ini, mudah-mudahan Badan Penghubung dan anjungan NTT TMII dapat menjadi etalase NTT di Jakarta. Karena sejak awal Wisma dan anjungan NTT TMII merupakan etalase NTT yang bisa dinikmati oleh siapapun. Bila para pengunjung kemudian tertarik dengan NTT melalui etalase yang ada di Anjungan NTT TMII, mereka bisa langsung mengunjungi NTT dan menyaksikan secara langsung eksotisme NTT dari sumbernya.” kata Manek kepada NBC. (Emild Kadju/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi