Kam. Okt 21st, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Badan Penghubung NTT Gelar Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun 2020

2 min read

Kaban Viktor Manek saat pagelaran Tari Caci Manggarai di Anjungan NTT, TMII(Dokumen NTTbangkit.com)

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM,-Badan Penghubung NTT menggelar kegiatan Festival Seni Budaya NTT sepanjang tahun 2020. Kegiatan festival yang melibatkan seluruh Ikatan Keluarga Besar (IKB) dari seluruh kabupaten ini digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Kepala Badan Penghubung NTT, Drs. Viktor Manek, M.Si menerangkan bahwa kegiatan festival seni budaya NTT digelar  untuk mempromosikan potensi seni budaya NTT yang dimiliki seluruh kabupaten. Selain itu, juga untuk melestarikan seni budaya NTT sebagai bagian integral dari kebudayaan nasional.

“Kegiatan festival ini melibatkan semua IKB. Kita berharap semua IKB yang mengikuti festival ini menampilkan seni budaya yang menjadi kekhasan masing-masing. Festival ini sebagai salah satu media promosi budaya NTT di pentas nasional, dan mudah-mudahan menarik minat para wisatawan. Kita sudah mulai dari pekan lalu di Anjungan NTT, TMII,” kata Viktor Manek, Selasa (10/3/2020) di ruang kerjanya.

Dikatakan Viktor Manek, NTT memiliki kekayaan seni budaya yang khas dan beraneka ragam. Berbeda dengan provinsi lain, NTT jauh lebih banyak memilki keunikan-keunikan adat-istiadat, tarian, ritus-ritus adat, beraneka tenunan adat,  lagu-lagu daerah dan lain-lain. Untuk itu, Badan Penghubung NTT sebagai garda depan NTT di Jakarta bertugas mempromosikan.

“Sebelum ke NTT minimal para wisatawan sudah mempunyai pengetahuan tentang NTT. Dan kita di Jakarta harus memperkenalkannya sehingga para wisatawan sudah  mempunyai gambaran tentang seni budaya NTT yang kita tempilkan secara rutin sepanjang tahun 2020 ini,” ungkap Manek.

Lebih jauh, Viktor menerangkan bahwa ajang festival seni budaya ini juga adalah bagian dari tugas Badan Penghubung NTT untuk memberikan pembinaan kepada IKB-IKB yang memiliki sanggar-sanggar seni budaya yang ada di luar NTT (diaspora NTT) untuk memajukan seni budaya identitas  asli NTT.

“Kita siapkan anggaran khusus dari APBD NTT bagi setiap IKB untuk melakukan berbagai kegiatan seni budaya sepanjang tahun 2020. Anggarannya sebesar Rp25 juta per IKB. Dengan anggaran ini, kita berharap semua IKB terlibat aktif dalam kegiatan festival budaya yang digelar rutin dan terjadwal satu tahun ke depan, mulai dari bulan Maret hingga Desember 2020,” kata Manek. (korneliusmoanita/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi