Kam. Feb 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

15 views

Festival Danau Kelimutu 2019 akan Digelar pada Minggu Kedua Bulan Agustus

2 min read

Rundown Acara Festival Danau Kelimutu

ENDE, NTTBANGKIT.COM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dibawah kepemimpinan Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat  tengah mengkampanyekan Masyarakat Ekonomi NTT, dimana budaya dan pariwisata NTT menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan.

Salah satu hal yang sedang diupayakanGubernur NTT adalah memikat wisatawan nasional maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya NTT, dengan mempromosikan budaya dan pariwisata seperti keunikan alam, kampung tradisional, kain tenun NTT, tari-tarian adat, dan lain sebagainya melalui kegiatan festival budaya.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat melihat bahwa promosi budaya dan destinasi wisata oleh setiap kabupaten yang ada di NTT perlu dioptimalkan melalui festival budaya yang dilakukan secara paralel di semua kabupaten di NTT.

Setelah Festival Inerie di Ngada dan Festival Panggil Ikan Dugong di Alor, Pemerintah Provinsi NTT dalam kerjasama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ende akan menyelenggarakan Festival Danau Kelimutu dari tanggal 8 Agustus sampai 14 Agustus 2019.

Festival danau tiga warna Kelimutu di Kabupaten Ende ini dikemas dan ditingkatkan dengan kreativitas baru yang memikat dan menarik wisatawan asing dan Nusantara.

Beberapa acara yang dijadwalkan adalah sebagai berikut:

Pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 digelar Lomba Ethnic Fashion, Jumat, 9-10 Angustus diadakan Pentas Seni Budaya Ende dan Kelimutu Expo, Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus digelar acara adat Taga Kamba dan Rakor Tiga Batu Tungku, dan pada Senin, 14 Agustus digelar Festival Pati Ka Dua Bapa Ata Mata.

Festival Budaya Kelimutu yang sarat akan sentuhan etnik dan dan dibalut oleh kreativitas mata-acara akan membuat Festival Kelimutu diminati para wisatawan.

Selain mata acara yang dijadwalkan di atas, Kabupaten Ende juga memiliki situs Bung Karno, tempat dimana Bung Karno merenungkan lima butir Pancasila  saat diasingkan. Danau tiga warna yang terkenal hingga mancanegara ditambah dengan situs Bung Karno sebagai salah satu tonggak sejarah kemerdekaan Republik Indonesia adalah perpaduan sempurna untuk menjadi magnet bagi wisatawan nasional dan mancanegara.

Kepala Badan Penghubung Pemprov NTT, Victor Manek, S.sos, M.Si mengatakan bahwa festival budaya Inerie di Ngada, festival panggil Ikan Dugong di Alor, dan festival Kelimutu di Ende adalah ajang untuk menunjukkan kepada dunia bahwa NTT yang begitu kecil secara geografis adalah tempat yang kaya akan budaya dan pariwisata. 

“NTT itu kaya akan budaya dan pariwisata. Sayang kalau kita tidak mengoptimalkan potensinya dan sekaligus mengamplifikasinya melalui festival-festival budaya. Sekaranglah saatnya NTT bangkit untuk menjadikan pariwisata dan budaya sebagai motor penggerak ekonomi NTT.” Kata Manek ketika diwawancarai tim NTT Bangkit (NBC) via telepon.

Manek juga berharap agar anak-anak asli daerah yang melek teknologi bisa menyebarkan informasi terkait festival budaya Kelimutu melalui akun-akun media sosial mereka masing-masing (Emild Kadju/NBC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi