Jum. Jun 5th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Desa Maluriwu Palue, Sikka Cairkan BLT Bagi Warganya

2 min read
Ket. Foto: Kepala Desa Maluriwu menyerahkan Dana BLT kepada Salah Seorang Penerima BLT.

SIKKA, NTTBANGKIT.COM — Dalam rangka mengimplementasikan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebagaimana diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Desa Maluriwu Kecamatan Palue Kabupaten Sikka, pada Senin- Selasa (18 – 19/05/2020),  pukul 09.00 Wita melakukan rapat kordinasi sekaligus memberikan BLT kepada warga desa tersebut.

Sebelumya, Presiden Jokowi telah memutuskan untuk mengalihkan sebagian Dana Desa untuk BLT kepada masyarakat desa selama pandemi Covid-19, guna mencegah dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Desa Maluriwu, sebagai salah satu desa di Indonesia yang berada di wilayah Kecamatan Palue Kabupaten Sikka cukup baik dalam melaksanakan amanah Presiden ini, dimana dari  147 desa di Sikka, Desa Maluriwu menjadi salah satu yag paling siap akan pencairan BLT tersebut.

“Kami bekerja sungguh-sungguh. Kami ingin melayani masyarakat dengan berpegang teguh pada aturan yang berlaku,” Ungkap Kepala Desa Maluriwu, Selestinus dan melanjutkan, “Saya perintahkan kepada semua  staf desa untuk bekerja maksimal, mulai dari proses musyawarah desa, verifikasi data hingga penetapan nama penerima BLT.”

Sementara itu ungkapan senada pun datang dari Sekdes Maluriwu.

“Kami sungguh sungguh hadir dengan hati dan siap melayani masyarakat Desa Maluriwu,” Ungkap Sekretaris Desa Maluriwu, Dolfina Ngole.

Dana Siap Dicairkan

Dalam sambutan pembuka pada Rapat Pencairan Dana Desa Tahap 1 dan Penyaluran dana BLT Dana Desa, bertempat di Aula Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa, Kepala Desa menegaskan bahwa BLT Dana Desa siap diberikan kepada masyarakat, sebagaimana diamanahkan oleh presiden Jokowi.

“Saya berharap bantuan ini bisa meringankan beban keluarga miskin ditengah situasi Pandemi Covid 19 ini,” harap Kepala Desa.

Masyarakat yang bermukim di desa tersebut sangat menyambut baik program BLT pemerintah. Mereka juga sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas kebijakan BLT yang pro masyarakat kecil.

“Kami ini orang miskin, kami orang susah, saat ini pemerintah sudah bantu kami. Terimakasih banyak dari kami (penerima BLT, red.), melalui pemerintah Desa Maluriwu untuk semua perhatian yang telah diberikan kepada kami,” ungkap Ibu Alexia Pali, salah satu yang hadir dalam acara penerimaan BLT, dan menambahkan, “Kami berharap, semoga pemerintah  senantiasa memperhatikan masyarakat yang tidak mampu seperti kami ini.”

Lawan Covid-19

Menurut Kepala Desa yang bersangkutan, Desa Maluriwu merupakan pintu gerbang dimana semua roda pergerakan massa dan distribusi kebutuhan harus dan hanya bisa melaluinya.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus berjuang agar desa tersebut tetap steril dari Covid-19.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Maluriwu, Agustinus Bhega mengatakan bahwa pihak Desa senantiasa berjuang dengan berbagai cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

“Salah satu fokus perhatian kami saat ini adalah, meningkatkan kewaspadaan untuk untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Maluriwu yang masih berada dalam zona hijau,” tutur Agustinus da melanjutkan, “Kami memaksimalkan sumber dayaa yang ada,  termasuk peran para Linmas sangat efektif dalam menjaga dan membantu masyarakat untuk cerdas dalam menghadapi Covid-19.”

Hadir pada kesempatan tersebut 104 penerima BLT dan juga Badan Permusyawaratan Desa, Pendamping Desa, RW/RT di wilayah Desa Maluriwu. (Emild Franz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi