Kam. Jan 28th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Wabub Manggarai Hadiri Peluncuran Buku Karya Founder LPPKPD

3 min read

NTTBANGKIT.COM, MANGGARAI — Ketua Umum sekaligus Pendiri Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD), Heribertus Erik San, S.Fil.,M.AP, meluncurkan buku perdananya yang berjudul “Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai: Paradigma Program Simantri dan Strategi Inovasi” di Ruangan Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai, Senin (27/07).

Buku tersebut merupakan pengembangan dari  tesis penulis  pada Program Studi Magister  Administrasi Kebijakan  Publik di Kampus Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta tahun 2019.

Kegiatan peluncuran buku tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, Para Asisten Bupati, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Manggarai bersama staf yang sempat hadir dan jajaran pengurus LPPKPD Manggarai. 

 Penulis mengharapkan agar buku tersebut dapat menjadi salah satu bahan referensi dan basis informasi dalam pengembangan program Simantri Pemerintah Daerah Manggarai ke depannya.

Dalam  sambutannya putra asli Nggori, Desa Bangka Jong, Kecamatan Wae Ri’i ini  mengungkapkan bahwa, posisi penulis dalam buku ini sebagai analisis kebijakan yang melakukan riset program dengan mengkomparasikan teori  kebijakan publik, hasil  studi  literatur  dokumen  program  Simantri PEMDA  Manggarai,  serta  kunjungan  ke beberapa lokasi  kelompok tani Simantri, lalu dibandingkan dengan model program Simantri di daerah lain, seperti Simantri Propinsi Bali yang sudah dikembangkan sejak  tahun  2009. Dari hasil riset ini, penulis kemudian menawarkan beberapa strategi inovasi untuk pengembangan program ke arah yang lebih baik.

Cover buku perdana Founder LPPKPD, Heribertus Erik San, S.Fil.,M.AP, yang berjudul “Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai: Paradigma Program Simantri dan Strategi Inovasi” (Image: Eriksan)

“Kebijakan publik membahas soal bagaimana isu-isu dan persoalan publik disusun dan didefenisikan, dan bagaimana kesemuanya itu diletakan dalam agenda kebijakan atau program. Analisis kebijakan diperlukan untuk mengetahui substansi kebijakan yang mencakup informasi mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan dan dampak yang mungkin timbul sebagai akibat dari kebijakan yang diimplementasikan”, demikian ungkap Alumni Pasca Sarjana Universitas Nasional tersebut. 

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada penulis serta Lembaga LPPKPD yang telah mengkaji program Simantri dari sisi keilmuan dan telah memberikan tawaran inovasi untuk pengembangan program ke depan.

“Sebagai pimpinan daerah mewakili Bapak Bupati Manggarai, saya mengapresiasi kepada penulis bersama  Lembaga LPPKPD yang sudah berinisiatif mengkaji program Simantri ”, tandas Bapak Wakil Bupati Drs. Victor Madur.

Lebih lanjut Bapak Wakil Bupati juga mengungkapkan bahwa Program Simantri ini telah menjadi program prioritas PEMDA dan kedepannya akan terus dikembangkan.                       

“Kabupaten Manggarai sangat potensial untuk sektor pertanian. Oleh sebab itu, PEMDA akan terus memperhatian pengembangan sektor pertanian ini, salah satunya dengan menjadikan program Simantri sebagai program prioritas”, ungkap Drs. Wakil Bupati Manggarai.                  

Lebih lanjut, dalam sambutannya Bapak Wakil Bupati juga mengungkapkan bahwa teknis pelaksana   program ini adalah beberapa dinas terkait pengembangan pertanian Simantri, diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan Dinas Perdagangan.                        

 Diakhir kegiatan tersebut, penulis dan jajaran pengurus LPPKPD menyerahkan buku secara simbolis yang diwakili oleh Ketua Umum Lembaga LPPKPD, Heribertus Erik San, S.Fil.,M.AP kepada Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur dan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus oleh Ketua Pelaksana harian Lembaga LPPKPD, Hardy Sungkang, S.Fil serta kepada Kepala Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Manggarai, Drs, Yosep Mantara oleh Yohanes Mario Vianney, S.S.,M.M selaku ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan lembaga LPPKPD.

Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Ledalero Maumere (2020) tersebut, dikemas dalam 112 Halaman (Full Collor).

Adapun yang memberikan Kata Pengantar Buku tersebut antara lain: 1.) Dr. Deno Kamelus S.H.,M.H (Bupati Manggarai Periode 2016-2021); 2.) Arman Suparman, S.Fil.,M.Si (Peneliti KPPOD); 3.) Riko Noviantoro, S.Sos (Peneliti IDP-LP). Editor Buku: Yohanes Mario Vianney, S.S.,M.M (Dosen STIE Karya/Kordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Change Operator Manggarai) dan Bonefasius Berdi, S.P.,M.M (Dosen STIE Karya/Anggota DPP Lembaga Advokasi Rakyat Merdeka Gerakan Anti Korupsi Republik Indonesia “LARM-GAK RI” di Kabupaten Manggarai). 

Buku tersebut terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu: Bagian 1 PENDAHULUAN. Bagian II PARADIGMA PROGRAM SIMANTRI: A.) Konsep Program dalam Studi Kebijakan. B.) Pengertian dan Ruang Lingkup Program Simantri. C.) Potensi Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai. D.) Program Simantri dan Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai. Bagian III STRATEGI INOVASI PROGRAM SIMANTRI: A.) Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian dan Peran Penyuluh Pertanian. B.) Strategi Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petani. C.) Model Inovasi Program Simantri Berkelanjutan: Belajar Simantri dari Propinsi Bali. D.) Penutup: Penajaman Strategi Inovasi Program Simantri ke depan. (Lembaga LPPKPD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi