Sel. Mar 31st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Soal Wabah Corona, Wagub NTT Kecewa Pernyataan Lama Diedit Seolah Berita Baru

3 min read

Waki Gubernur NTT, Drs. Josef Adrianus Nae Soi, MM (*)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,-Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi,MM, mengungkapkan rasa kecewa terhadap kabar berita atau informasi yang diviralkan dijagad media sosial terkait wabah Corona. Wagub Josef menegaskan bahwa apa yang ia sampaikan terkait dengan Corona itu dilansir media pada awal bulan Maret lalu, bukan dua atau tiga hari yang lalu.

“Tidak benar dan tidak aktual itu. Pernyataan saya pada tanggal 2 Maret lalu kemudian diedit lagi menjadi seolah-olah berita baru,” ungkap Wagub Josef, Rabu (25/3/2020) menanggapi viralnya berita yang disebarkan di media sosial.

Terhadap oknum-oknum yang memviralkan pernyataannya pada 2 Maret lalu pada hari ini, Wagub Josef mengaku kecewa karena apa yang disebarluaskan itu sudah tidak aktual. Disentil terkait motif di balik viralnya pernyataan dia pada 2 Maret lalu, Wagub Josef mengaku belum tahu.

“Iya itu hal biasalah. Saya sudah baca buku The Subtle Art of Not Giving A Fuck,” kata Wagub Josef santai.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 5 Maret 2020, Wagub Josef meminta masyarakat NTT tidak perlu terlalu merasa takut terhadap virus corona. Josef mengaku memiliki obat penangkal corona yaitu kelor yang banyak tumbuh di NTT.

Kata Wagub Josef, masyarakat NTT tak perlu merasa takut karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh yang kuat diperoleh dengan mengkonsumsi daun kelor dan minum air daun kelor.

Lebih lanjut, dalam canal youtube lain yang diperoleh media ini, Wagub Josef pada awal Maret lalu ketika wabah Corona belum masuk ke NTT, ia menghimbau seluruh masyarakat NTT terus bekerja keras dan tidak perlu cemas serta merasa takut.

“Masyarkat NTT tak perlu takut dengan corona karena kita punya obat yang luar biasa yaitu kelor. Saat ini yang kita takutadalah penyakit kemiskinan, stunting, dan demam berdarah. Itu hanya flu biasa yang terus dibesar-besarkan. Mari kita minum kelor dan makan kelor, bekerja keras dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Itu saja” tegas Wagub Josef saat mengunjungi Rumah Saki WZ. Johannes Kupang, beberapa waktu lalu.

Pemprov NTT Sangat Serius Tangani Corona

Lebih lanjut, Wagub Josef menerangkan bahwa saat ini Pemprov NTT sangat serius merespons penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19 di NTT. Keseriusan Pemprov NTT terhadap isu Corona termaktub dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada Walikota dan para Bupati se NTT; pimpinan instansi vertikal; pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Swasta nomor 443.1/06/BO2.1 tertanggal 21 Maret 2020 tentang Pengaturan dan Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Badan Usaha Milik Negara/Daerah/Swasta dalam rangka pencegahan Corna di NTT.

Salah satu item dalam surat tersebut berbunyi “menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah/tempat tinggal atau Work from Home terhitung sejak 24 Maret hingga 31 Maret  dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.” 

“Kami sangat serius urus Covid-19. Karena itu, kalau ada rumor yang mengutip pernyataan saya bahwa virus corona itu sama dengan flu biasa. Itu hanyalah kalimat yang secara spontan saya sampaikan ketika ditanya wartawan,” tandas Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM di Kupang, Senin (23/03/2020) lalu.

Menurut Wagub Nae Soi, saat dirinya mengikuti kegiatan Musda Partai Golkar NTT beberapa waktu lalu, secara tidak sengaja ditanya oleh wartawan. 

“Waktu itu, saya dalam nada kelakar mengatakan bahwa virus corona itu hanya seperti flu biasa. Waktu itu. Nah, konteksnya kalau pernyataan saya itu dikaitkan dengan kondisi hari ini tentu tidaklah tepat,” kata Wagub Josef, seraya meminta masyarakat tidak meributkannya lagi.

Mari memfokuskan energi dan pemikiran kita untuk menangani tidak hanya covid-19 tetapi juga kemiskinan, kebodohan, kemalasan, stunting, demam berdarah dan lain sebagainya,” tandas Wagub Josef.

Sebelumnya, Wagub Josef dibully di berbagai grup WA terkait pernyataannya pada awal Maret lalu. Bukan hanya digrup-grup WA saja, tetapi juga di Face Book (FB). Berbagai akun FB pun menyudutkan Wagub seolah-olah Wagub tak peduli dengan wabah Corona. (korneliusmoanita//NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi