Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Mengenal Ngada, Surga Kecil nan Indah di NTT

2 min read

NGADA – Beberapa dari kita mungkin belum pernah mendengar tentang Kabupaten Ngada. Bahwa ada surga kecil di sebuah daerah di NTT. Ngada memang tidak seterkenal Pulau Komodo, tapi keindahan yang disajikannya tak kalah dari tempat-tempat lain di Nusa Tenggara Timur.

Ngada adalah sebuah kabupaten yang berada di tengah pulau Flores, NTT. Luasnya 1.621 km2 dengan jumlah penduduk 142.254 jiwa. Terletak di pantai utara Pulau Flores, Taman Laut 17 Pulau terdiri dari pulau-pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati, pantai berpasir putih dan air biru yang jernih di mana pengunjungnya dapat menyelam dan berenang di antara warna-warni dan beragam jenis karang. Taman laut ini menyuguhkan sisi yang berbeda dari Pulau Flores.

Ketika menginjakkan kaki di tempat ini, pengunjung seolah diajak untuk merasakan langsung keheningan dan keindahan dari taman laut tersebut. Walaupun sekilas tampak sama dengan kepulauan Komodo, tapi pengunjung tak akan menemukan keheningan yang sama di Kepulauan Komodo.

Taman laut ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Penamaan taman laut ini terinspirasi dari angka 17 yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia, walaupun pada kenyataannya, pulau yang berada di taman laut ini lebih dari 17 pulau.

Kondisi peraian di Pulau Taman Laut 17 yang sangat jernih ini didominasi oleh berbagai macam terumbu karang seperti jenis soft coral, karang meja dan kipas laut. Tempat ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna lain seperti hutan bakau, berbagai macam ikan hias, burung camar laut, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, landak, mbou, rusa timor, kuskus, bluwok, elang, bangau putih, burung wontong, burung perkici dada kuning, kelelawar bangau hitam, dan mawar laut.

Penulis : Datumanaek
Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi