Sen. Mei 23rd, 2022

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Nikmati Taman Laut Surgawi 17 Pulau Riung, Rasakan Aroma Mawar Laut

2 min read

Obyek wisata taman laut indah 17 Pulau Riung, di Bajawa, Kabupaten Ngada. (Foto:sil)

Kaum remaja Bajawa, Ngada, saat berwisata ke Taman Laut 17 Pulau Riung, belum lama ini.

NTTBANGKIT.COM,–Dahulu, hanya ada tiga obyek wisata kelas dunia paling diburu para turis, yaitu Danau Tiga Warna Kelimutu di Ende, Komodo di Pulau Komodo, dan Taman Laut terindah Teluk Maumere yang unik dengan terumbu karang yang indah. Saat ini, bukan hanya ketiga obyek wisata itu saja yang diburuh, tetapi sudah ada begitu banyak obyek wisata di Pulau Flores yang diburu para penikmat keindahan. Salah satunya adalah obyek wisata 17 Pulau di Riung.

Obyek wisata 17 Pulau ini terletak di pantai utara Pulau Flores di Kabupaten Ngada. Obyek ini terletak di sebuah kepulauan yang membentuk taman laut surgawi yang unik dan disebut Taman Laut 17 Pulau Riung. Klaster ini terdiri dari pulau yang airnya kaya keanekaragaman hayati, pantai berpasir putih dan air biru yang jernih di mana Anda dapat menyelam dan berenang di antara warna-warni dan beragam tempat tidur karang.

Mawar laut adalah telur raksasa Kelinci Laut yang terikat oleh membran membentuk kelopak merah

Salah satu atraksi yang paling populer dimana pulau-pulau ini terkenal atas ‘Mawar Laut’, fenomena bawah air yang terkenal dan dapat dilihat di sekitar beberapa pulau. Di bawah permukaan lautan, Anda akan menemukan kelompok mawar laut melambai dalam arus. Ini sebenarnya koleksi telur raksasa kelinci laut, terikat oleh membran, bersama-sama membentuk kelopak merah seperti mawar merah raksasa yang melambai di laut.

Taman Laut 17 Pulau Riung yang membentang dari Toro Padang di bagian barat hingga Pulau Pangkor di Timur, berbagai ukuran, tetapi semua hampir tak berpenghuni.

Pulau-pulau utama, yaitu Pulau Ontoloe (yang terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Pulau Tampa atau Tembang), Pulau Tiga (Long Island), Pulua Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Taman itu sendiri terletak tepat di belakang dermaga yang tenang di kota kecil Riung, di mana selusin kapal nelayan Bajo terikat, Meskipun bernama Taman Laut 17 Pulau Riung, Taman sebenarnya terdiri dari 24 pulau-pulau kecil dan indah. Namun, nama “tujuh belas” diberikan kepada Klaster ini sebagai pengingat untuk Hari Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

Taman Riung terletak di Kecamatan Riung, meliputi lima desa Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tido dan Lengkosambi. Selain petualangan laut yang bisa didapat, di darat juga terdapat hutan untuk ditelusuri, dihuni oleh spesies eksotis seperti rusa Timor, Biawak Mbou – jenis yang lebih kecil dari Komodo. Ada juga berbagai macam burung langka yang membuat ini tempat yang bagus untuk mengamati burung. Di sini Anda akan melihat elang, bluwok, bangau putih, burung beo, cuckoos, bangau hitam dan kelelawar, dan parkit berdada kuning.

Untuk mencapai kokasi sangat mudah. Bisa melalui bandara terdekat ke Riung, yaitu Torlelo di Soa, pengunjung juga bisa menggunakan jasa penerbangan komersil dari Kupang menuju Ende atau Maumere.Pilihan lain, bisa juga dari Denpasar-Bali menuju Maumere, Kabupaten Sikka. Hanya butuh waku 2-3 jam anda sudah bisa sampai di taman wisata Riung ini. (Silvester/ kornelius/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi